Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan Angka Bahasa Arab Berbasis Android (Studi Kasus Mi Mathlabul Ulum Kelas 1-2)
DOI:
https://doi.org/10.61876/rjti.v1i2.2866Keywords:
Aplikasi Media Pembelajaran, Kodular.io, Multimedia.Abstract
Pandemi COVID-19 merubah pola pembelajaran di sekolah. MI Mathlabul Ulum merupakan salah satu sekolah di Desa Rambah Muda Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu yang juga merubah pola pembelajaran akibat Pandemi COVID-19 ini. Proses pembelajaran dimasa pandemi di MI Mathlabul Ulum dilakukan secara online. Pembelajaran secara online ternyata memiliki kelemahan, terutama pada mata pelajaran Bahasa Arab. Siswa tidak sepenuhnya memahami materi yang diberikan guru. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan kelemahan ini adalah dengan membangun sebuah aplikasi media pembelajaran secara online berbasis Android yang bisa digunakan untuk belajar siswa meskipun di rumah. Kegiatan magang ini membuat Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Huruf dan Angka Arab berbasis Android. Aplikasi ini dibangun menggunakan kodular.io. Aplikasi tersebut memiliki tiga jenis pembelajaran, yaitu pengenalan Angka Arab, Huruf Hijaiyah dan Harakat. Pengujian aplikasi menggunakan Black Box dan UAT. Dari hasil pengujian UAT, persentase pengguna menyatakan aplikasi ini layak adalah sebesar 96%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Qori Mahfudhoh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Riau Jurnal Teknik Informatika provides open access to anyone so that the information and findings in these articles are useful for everyone. This journal's article content can be accessed and downloaded for free, free of charge, following the creative commons license used.
Riau Jurnal Teknik Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.