Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan Angka Bahasa Arab Berbasis Android (Studi Kasus Mi Mathlabul Ulum Kelas 1-2)

Authors

  • Qori Mahfudhoh Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.61876/rjti.v1i2.2866

Keywords:

Aplikasi Media Pembelajaran, Kodular.io, Multimedia.

Abstract

Pandemi COVID-19 merubah pola pembelajaran di sekolah. MI Mathlabul Ulum merupakan salah satu sekolah di Desa Rambah Muda Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu yang juga merubah pola pembelajaran akibat Pandemi COVID-19 ini. Proses pembelajaran dimasa pandemi di MI Mathlabul Ulum dilakukan secara online. Pembelajaran secara online ternyata memiliki kelemahan, terutama pada mata pelajaran Bahasa Arab. Siswa tidak sepenuhnya memahami materi yang diberikan guru. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan kelemahan ini adalah dengan membangun sebuah aplikasi media pembelajaran secara online berbasis Android yang bisa digunakan untuk belajar siswa meskipun di rumah. Kegiatan magang ini membuat Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Huruf dan Angka Arab berbasis Android. Aplikasi  ini dibangun menggunakan kodular.io. Aplikasi tersebut memiliki tiga jenis pembelajaran, yaitu pengenalan Angka Arab, Huruf Hijaiyah dan Harakat. Pengujian aplikasi menggunakan Black Box dan UAT. Dari hasil pengujian UAT, persentase pengguna menyatakan aplikasi ini layak adalah sebesar 96%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-01

How to Cite

[1]
Q. Mahfudhoh, “Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan Angka Bahasa Arab Berbasis Android (Studi Kasus Mi Mathlabul Ulum Kelas 1-2)”, RJTI, vol. 1, no. 2, pp. 49–53, Jul. 2022.

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.