PEMBERIAN KOMPRES HANGAT REBUSAN JAHE TERHADAP PENURUNAN NYERI PUNGGUNG PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI DESA RAMBAH TENGAH HILIR

Authors

  • Heny Sepduwiana Universitas Pasir Pengaraian
  • Raihana Farras
  • Sri Wulandari
  • Romy Wahyuny
  • Herma Yesti Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/jmn.v12i02.2980

Abstract

Kehamilan merupakan rangkaian kejadian yang hanya terjadi ketika sel telur dibuahi dan kemudian tumbuh menjadi janin yang sudah berkembang sempurna. Kehamilan mengalami banyak transformasi fisik dan psikologis. Perubahan dalam tubuh menyebabkan ketidaknyamanan. Sekitar 60-80% ibu hamil mengalami nyeri punggung di beberapa titik selama kehamilan mereka, terutama pada trimester ketiga. Metode non-farmakologis seperti menggunakan kompres hangat yang direndam dengan rebusan jahe meningkatkan sirkulasi darah, yang mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kompres hangat yang direndam dengan rebusan jahe terhadap penurunan nyeri punggung pada ibu hamil Desa Rambah Tengah Hilir yang berada pada trimester ketiga. Dengan desain one-group pretest-posttest, penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif berdasarkan teknik Pra-Eksperimen. Dua puluh lima responden dimasukkan dalam teknik sampel lengkap yang digunakan dalam penelitian ini, dan uji statistik T-Dependent dilakukan untuk menganalisis data. Nilai p yang diperoleh dari uji statistik adalah 0,001, yang lebih kecil dari 0,005. Kesimpulannya, nyeri punggung pada trimester ketiga pada ibu hamil di Desa Rambah Tengah Hilir dapat dikurangi secara signifikan dengan menggunakan kompres hangat yang dicampur dengan rebusan jahe. Disarankan bagi para dokter untuk memberikan kompres hangat yang terbuat dari rebusan jahe kepada ibu hamil yang mengalami nyeri punggung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilla yesie. 2019. Gentle Birth. cara lembut dan nyaman sambut buah hati.

Aryanta, I Wayan Redi. 2019. “Manfaat Jahe Untuk Kesehatan” 1: 39–43.

Dewi, Nita. 2020. Asuhan Pada Ibu Hamil Yang Mengalami Nyeri Pinggang Dengan Pemberian Kompres Hangat Dengan Rebusan Jahe. Universitas Bhakti Kencana. Vol. 01.

Febrina, Ajeng, Piesca Riyandi, Yanti Herawati, Haidir Syafrullah, and Ida Suryani. 2023. “PENGARUH PEMBERIAN KOMPRES JAHE MERAH ( Zingiber Officinale Rosc . Var . Rubrum ) HANGAT TERHADAP NYERI KABUPATEN CIANJUR,” 1–6.

Imelda, Suryani, and Farahdiba. 2023. “Pengaruh Pemberian Kompres Parutan Jahe Terhadap Nyeri Punggung Bawah Pada Ibu Hamil Trimester Iii.” Jurnal Ilmiah Ilmu Kebidanan Dan Kandungan VOL.15 (4): 685–91. https://stikes-nhm.e-journal.id/OBJ/index.

Manyozo, Steven D, Tarimo Nesto, and Adamson S Muula. 2019. “Low Back Pain during Pregnancy : Prevalence , Risk Factors and Association with Daily Activities among Pregnant Women in Urban Blantyre , Malawi” 31 (March): 71–76.

Munisah. 2022. “Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesian Journal of Community Dedication in Health (IJCDH).” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesian Journal of Community Dedication in Health (IJCDH) Vol. 02.No.

Primadewi k. 2023. Pentingnya Tablet Zat Besi Dalam Kehamilan. malang: penerbit rena cipta mandiri.

Wulandari, Sri, and Nonik Ayu Wantini. 2021. “Ketidaknyamanan Fisik Dan Psikologis Pada Ibu Hamil Trimester III.” Jurnal Kebidanan Indonesia 12 (1): 54–67.

Yulianti, Retno, and Riezky Astari. 2020. “Jurnal Kesehatan Jurnal Kesehatan.” Jurnal Kesehatan 8 (1): 10–15.

Downloads

Published

2024-10-09 — Updated on 2024-10-11

Versions

How to Cite

Sepduwiana, H., Raihana Farras, Sri Wulandari, Romy Wahyuny, & Yesti, H. (2024). PEMBERIAN KOMPRES HANGAT REBUSAN JAHE TERHADAP PENURUNAN NYERI PUNGGUNG PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI DESA RAMBAH TENGAH HILIR . Maternity and Neonatal : Jurnal Kebidanan, 12(02), 412–416. https://doi.org/10.30606/jmn.v12i02.2980 (Original work published October 9, 2024)

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>