PERILAKU PERSIAPAN PRANIKAH PADA CALON PENGANTIN

Authors

  • Andriana universitas pasir pengaraian
  • Evi Kristina S1 Kebidanan Universitas Pasir Pengaraian
  • Herma Yesti S1 Kebidanan Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Perilaku, Pranikah, Catin

Abstract

 

Penyuluhan/ Bimbingan merupakan suatu proses pemberian bantuan baik kepada individu ataupun kepada kelompok, bimbingan ini diberikan untuk menghindari kesulitan  kesulitan ataupun untuk mengatasi persoalan yang sedang dihadapi oleh individu di dalam hidupnya. Bimbingan ini lebih bersifat pencegahan dari pada penyembuhan. Diperlukan persiapan pranikah dari segi Bio-Psiko-Sosio-ekonomi-budaya-spiritual dalam pernikahan. Tujuan persiapan pranikah diantaranya untuk Melakukan deteksi dini terhadap masalah kesehatan pada calon pengantin, Terciptanya keluarga yang berkualitas Persiapan menjadi orangtua, Meningkatkan Persiapan Pranikah pada calon pengantin demi generasi emas dimasa depan. Jenis penelitian pre eksperimen dengan rancangan pretest-posttest design.Penelitian dilakukan di KUA Kecamatan Rambah Pasir Pengaraian. Populasi dalam penelitian ini calon pengantin yang datang ke Kecamatan Rambah Pasir Pengaraian selama waktu penelitian sebanyak 15 pasangan yang diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner yang diberikan sebelum dan sesudah penyuluhan kesehatan.Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariate menggunakan uji statistik Wilcoxon dengan komputer. Hasil penelitian terhadap 30 calon pengantin menunjukan bahwa rata-rata pengetahuan responden sebelum penyuluhan pranikah yaitu 55 dan 65 setelah dilakukan penyuluhan pranikah.  Bersikap negatif sebelum penyuluhan pranikah rata-rata yaitu 50 dan 65 setelah penyuluhan pranikah. Ada pengaruh pendidikan pranikah tehadap pengetahuan dan sikap calon pengantin ( p value 0,001 dan 0,001) Kesimpulan ada pengaruh penyuluhan kesehatan pranikah terhadap pengetahuan dan sikap calon pengantin di Kecamatan Rambah Pasir Pengaraian Tahun 2023.

 

Kata kunci: Perilaku, Pranikah, Catin

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dzulfa Arifah Ahdiyani, “Preaktek Kursus Calon Pengantin Sebagai Upaya KUA Kecamatan Secang Kabupaten Magelang dalam Meminimalisir Angka Perceraan”,

Eka Purnamasari, “Penyelenggaraan Kursus Calon Pengantin di KUA Pamulang Tangerang Seelatan”, Skripsi, Fakultas Syari’ah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2016.

Elsi Nurfajri, “Pelaksanaan Kursus Pra Nikah di BP4 Se Kota Yogyakarta”, Skripsi, Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2017.

Jackson, D. 2010. An International Profile Of Industry-Relevant Competencies And Skill Gaps In Modern Graduates. International Journal of Management Education 8 (3): 29-58.

JNPK KR. 2011. Buku Acuan Pelatihan Ketrampilan Melatih (Kompetensi Alih pengetahuan, Ketrampilan dan Perilaku Profesional kesehatan). Jakarta: JNPK-KR.

Kurniawan. 2020. Dampak Pendidikan Formal Dan Workshop Terhadap Kompetensi Wirausahawan Melalui Motivasi Pada Wirausahawan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Wijaya Putra. Global Vol. 04, No. 01. Tahun 2019.ISSN 2540-959X

Profil Kesehatan Indonesia 2019 Tersedia di http://www.depkes.go.id/resources/download/

pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/profilkesehatan-Indonesia-2019.pdf.

Widianto & Purwandari. 2019. Workshop Optimalisasi Teknologi Informasi Guna Mendukung Kinerja Guru Bk Serta Peningkatan Pelayanan Konseling Kepadasiswa Sma SMK. Jurnal SAINSTECH Politeknik Indonusa Surakarta ISSN : 2355-5009 Volume 7 Nomer 1 Juni 2020.

Zakyyah Iskandar, “Peran Kursus Pra Nikah dalam Mempersiapkan Pasangan Suami Istri Menuju Keluarga Sakinah”, Al Ikhwat, Vol 10 1 Juni 2017. Skripsi, Fakultas Syariah dan Hukum Islam Universitas Negeri Walisongo, Semarang, 2017.

Downloads

Published

2023-07-25

How to Cite

Andriana, Kristina, E., & Yesti, H. . (2023). PERILAKU PERSIAPAN PRANIKAH PADA CALON PENGANTIN . Maternity and Neonatal : Jurnal Kebidanan, 11(1). Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/jmn/article/view/2030

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>