Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas VI SD Negeri 016 Kunto Darussalam Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/ 2018

Authors

  • Sumarno Sumarno SD N 016 Kunto Darussalam Rokan Hulu

DOI:

https://doi.org/10.30606/jer.v8i1.807

Keywords:

STAD,, aktivitas,, hasil belajar

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas VI SDN 016 Kunto Darussalamdiketahui aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah khususnya pada pelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI DN 016 Kunto Darussalam rmelalui penerapan model CooperativeLearningtipe
Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang memiliki tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI DN 016 Kunto Darussalam dengan jumlah siswa sebanyak 16 siswa terdiri dari siswa laki-laki dan perempuan. Data yang diperlukan diperoleh melalui observasi, dokumentasu dan tes menggunakan soal-soal tes. Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD), dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun hasil rata-rata tes formatif secara individu adalah sebagai berikut : kondisi awal sebesar 65,50, siklus I  adalah  74,56,  siklus  II  adalah  83,00  dengan ketuntasan belajar dari 2 siswa atau 12,50% menjadi 62,50%, atau 10 siswa dan 93,75% atau 15 siswa pada siklus terakhir serta penilaian hasil observasi aktivitas belajar yang juga meningkat di mana pada kondisi awal sebesar 18,75% atau 3 siswa, siklus I sebesar 62,50% atau 10 siswa, meningkat menjadi 100% atau 16 siswa. Kesimpulannya adalah penerapan penerapan model cooperative learning tipe STAD  dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di Kelas VI DN 016 Kunto Darussalam

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.M, Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Agustien, Helena H. 2004. “Rasional Perubahan Kurikulum”. Makalah pada Diskusi Penilaian Buku di Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
Ali Imran. 1996. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya
Ali, Muhammad. 2004. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modren. Jakarta:Pustaka Amani
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Atkinson, Rita L., Atkinson, Richard C., & Hilgard, Ernest R. 1997. Pengantar
Psikologi Ed. 8, Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga
BSNP. 2006a. Permendiknas No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas
Cholisin. 2000. Materi Pokok Ilmu Kewarganegaraan-Pendidikan
Kewarganegaraan. UNY. Yogyakarta.
Clark. 1981. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Gramedia.
Daryono. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Didi Sutardi, dkk. 2007 Pembaharuan Dalam PBM di Sekolah Dasar. Bandung: UPI PRESS.
Hadari Nawawi. 2006. Evaluasi dan Manajemen Kinerja di Lingkungan
Perusahaan dan Industri. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Hasibuan. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Joyce, B., Weil, M., and Shower, B. 1992 Models of Teaching. Massachusetts: Allyn and Bacon.
Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua. 1989. Balai Pustaka. Jakarta
Karli, Hilda dan Margaretha. 2002. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi 2. Bandung : Bina Media Informasi
Kasihani Kasbolah. 1999. Penelitian Tindakan Kelas PTK. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Miles, B.B., dan A.M. Huberman, 1992, Analisa Data Kualitatif,
UI Press Jakarta
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nasution S. 2003. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Edisi 1. Jakarta: Bumi Aksara.
Nur, M dan Kardi, S. 2000. Pengajaran Langsung. Pusdat Sains dan Matematika Sekolah Program Pasca Sarjana. UNESA
Nurulwati. 2000. Model-model Pembelajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Oemar Hamalik. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Purwanto, Ngalim. 1990. Psikologi Pendidikan. Jakarta:Remaja Rosda Karya
Rahman, Masykur Arif. 2011. Kesalahan-Kesalahan Fatal Paling Sering Dilakukan Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar, Jogjakarta: Diva Press.
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Samsuri, 2011. Pendidikan Karakter Warga Negara, Kritik Pembangunan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: theory, research and practice N. Yusron. Terjemahan. London: Allymand Bacon. Buku asli diterbitkan tahun 2005
Sudjana N. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sudjana, Nana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. 1991. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengaja. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana. 2004. Landasan Psikologi Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Surya, Moh. 1981. Pengantar Psikologi Pendidikan. Bandung: FIP IKIP Bandung
Suryabrata, Sumardi. 1984. Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali.
Tusilawati, Hefi. 2010. Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS di Kelas VI Sekolah Dasar. Skripsi UPI Bandung. Tidak diterbitkan.
Usman, Moh Uzer. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2019-06-29

How to Cite

Sumarno, S. (2019). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas VI SD Negeri 016 Kunto Darussalam Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Jurnal Edu Research, 8(1), 60–72. https://doi.org/10.30606/jer.v8i1.807

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.