PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES (MEAs) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA SMP

Authors

  • Lisa Dwi Afri UIN Sumatera Utara Medan
  • Widyastuti Widyastuti UIN Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.30606/jer.v8i1.803

Keywords:

Pembelajaran Model-Eliciting Activities,, Kemampuan Representasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah dan mendeskripsikan pengaruh pembelajaran Model-Eliciting Activities terhadap kemampuan representasi siswa SMP. Selain itu juga ditelaah peningkatan kemampuan representasi ditinjau dari kelompok siswa yaitu kelompok atas dan kelompok bawah. Desain penelitian ini adalah kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol pretes dan postes. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran Model-Eliciting Activities dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan representasi matematis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 25 Bandarlampung dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII sebanyak dua kelas yang dipilih secara purposif dari tujuh kelas yang ada. Analisis data dilakukan uji perbedaan rerata dua populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Model-Eliciting Activities lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Model-Eliciting Activities pada kelompok atas maupun pada kelompok bawah secara statistik lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansari, B.I. (2003). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMU Melalui Strategi Think-Talk-Write. Disertasi. UPI: Tidak diterbitkan.
As’ari, A. (2001). Representasi: Pentingnya dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika atau Pembelajarannya. 2, 81-91.
Dewanto, S. P. (2007). Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematis Mahasiswa Melalui Belajar Berbasis-Masalah. Disertasi. UPI: Tidak diterbitkan.
Diefes-Dux, H.A., Salim, A. (2009). Problem Formulation during Model-Eliciting Activities: Characterization of First-Year Student’s Responses. Proceeding of the Research in Engineering Symposium 2009, Palm Cove, QLD.
Diefes-Dux, H.A., Verleger, M. A. (2009). Student Reflections on Peer Reviewing Solutions to Model-Aliciting Activities.
Eric, C. C. M. (2008). Using Model-Eliciting Activities for Primary Mathematics Classrooms. The Mathematics Educator, Vol. 11, No. ½, 47-66.
Hake, R.R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. [Online]. Tersedia: http://www.physics.indiana.edu/~sdi/Analyzingchange-Gain.pdf.
Hall, C. S., Lindzey, G., dan Campbell, J. B. (1998). Theories of Personality. Third Edition. New York: John Willey and Sons, Inc.
Hasanah, A. (2004). Mengembangkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah yang Menekankan pada Representasi Matematik. Tesis. UPI: Tidak diterbitkan.
Hill, W.F. (2009). Theories of Learning: Konsepsi, Komparasi, dan Signifikansi. Bandung: Nusa Media.
Hjalmarson, M. A., Diefes-Dux, H. Teacher as Designer: A Framework for Teacher Analysis of Mathematical Model-Eliciting Activities. The Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning, Vol. 2, No. 1, pp. 57-78.
Hudiono, B. (2005). Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi terhadap Pengembangan Kemampuan Matematik dan Daya Representasi pada Siswa SLTP. Disertasi. UPI: Tidak diterbitkan.
Hutabarat, D. (2009). Studi Perbandingan Kemampuan Penalaran dan Representasi Matematis pada Kelompok Siswa yang Belajar Inkuiri dan Biasa. Tesis. UPI: Tidak
Hutagaol, K. (2007). Pembelajaran Matematika Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis SPS UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Indriani, Lely. (2008). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Matematika Berbasis Multiple Intelegence terhadap Kemampuan Representasi Matematik Siswa. Skripsi. UPI: Tidak diterbitkan.
Lesh, R., Hoover, M., Hole, B., Kelly, A., & Post, T. (2000). Principles for Developing Thought-Revealing Activities for Students and Teachers. [Online]. Tersedia: http:// www. cehd. umn. edu/ rationalnumberproject/ 00_2.html
Maddy, S. R. (1968). Personality Theories: A Comparative Analysis. Illinois: The Dorsey Press.
Marsh, H.W., Baumert, J., Koller, O. (2001). Reunification of East and West German School Systems: Longitudinal Multilevel Modeling Study of the Big-Fish-Little-Pond Effect on Academic Self-Concept. American Educational Research Journal. Vol. 38, No. 2, pp. 321-350.
Mulyana, T. (2009). Mencari Pembelajaran yang Sesuai dengan Tuntutan Kurikulum Matematika 2009. Makalah.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Ruseffendi, H. E. T. (1993). Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2019-06-29

How to Cite

Dwi Afri, L. ., & Widyastuti, W. (2019). PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES (MEAs) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA SMP. Jurnal Edu Research, 8(1), 22–28. https://doi.org/10.30606/jer.v8i1.803

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.