PENGARUH E-SATISFACTION DAN E-TRUST KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI ONLINE DI MARKETPLACE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA/I DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN)

Authors

  • Intan Nur Latifah Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/cano.v8i1.723

Keywords:

e-satisfaction, e-trust, minat beli online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh E-satisfaction dan E-trust konsumen terhadap minat beli online pada mahasiswa/i Fakultas Ekonomi di Universitas Pasir Pengaraian(studi kasus di Shopee). Metode Penelitian yang digunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini pada mahasiswa/I Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian yang menggunakan Shopee. Sampel yang digunakan adalah rumus Slovin. Pengumpulan data menggunakan kuesioner,wawancara dan dokumentasi. Serta teknik analisis data digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian dari regresi berganda diperoleh persamaan regresi Y = 17,317 + 0,174X1 + 0,233X2, pada koefisien determinasi diperoleh nilai R sebesar 0,366, hasil penelitian dari uji T variabel e-satisfaction menunjukkan Thitung > Ttabel yaitu 2,283 > 1,9689, sehingga dapat disimpulkan bahwa (X1) berpengaruh signifikan terhadap variabel minat beli (Y). Variabel e-trust menunjukkan Thitung < Ttabel yaitu 2,061 > 1,9689, sehingga dapat disimpulkan bahwa (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel minat beli (Y). Hasil uji F menunjukkan angka Fhitung > Ftabel yaitu 6,719 > 2,71, sehingga dapat disimpulkan bahwa e-satisfaction dan e-trust memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli online.Bagi perusahaan Shopee harus dapat mempertahankan e-satisfaction dan e-trust konsumen yang akan menambah minat beli online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggoro, W. (2016). Perari Persepsi Nilai Perceived Sacrifice, Monetary Value, Convenience Value, Emotional Value, Dan Social Value) Terhadap Ilepercayaan Dan Minat Beli Ulang Yang Dimoderasi Oleh Kepuasan Pada Toko Online Lazada di Indonesia (Doctoral dissertation, UII).
Al-Hawari, M. A. A. (2014). Does customer socrability matter? Differences in eg uality, e- satisfaction, and e-loyalty between introvert and extravert online banking users. Journal of Services Marketing, 28(7).
Ali, Hasan. (2013). Marketing dan Kasus-lkasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS (Center For Academic Publishing Service)
Anggraeni, P. & Madiawati, P. N. (2016). Pengaruh Ikepercayaan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Situs www.Traveloka.com.e-Proceeding of Management. Vol. 13 No. 2 (ISSN: 2395-9357).
Crow and Crow (2010).Ari Outline OJ Psicology. Surabaya. PT Bina Ilmu.
Gounaris, Spiros, Vlasis Stathakopoulos, and Sergios Dimitriadis. 2010. An examination of the effects of services quality and satisfaction on customer behavioral intentions in e-shopping. Researchgate Article in Journal of Services Marketing.
Jalilvand, R,. (2013). “The effect of electronic word of mouth on brand image and purchase intention, Marketing Intelegence and Planning”.Vol 30/No 4, Januari, hal 460 - 476.
Hariani et a1,.( 2013). “Pengaruh Variasi Temperatur dan Ikonsentrasi Minyak terhadap Rendemen dan Ilarakteristik Biodiesel dari Minyak Bi ji Kenari(Aleurites Moluccan a)”, Universitas Sriwijaya, Sumatera Selatan.
Iprice, (2019). Peta E-Commerce Indonesia.
Retrieved Mei 16, from https://iprice.co.id/insights/mapofeco mmerce/
I€otler, P. dan I€evin Keller.(2009). Manajemen PemasararLJilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Lidyawati. 2010. Hubungan antara Intensitas men onton Iklan di televise dan perilaku konsumt fi. Skripsi (tidak diterbitkan). Surakarta: Fakultas Psikologi UMS.
Pramono. 2012. Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Intidayu Press. Jakarta.
Priansa, Dount J P. 2017. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung, Indonesia: Alfabeta.
Ranjbarian, B., Fathi, S., & Rezaei, Z., (2012). Factors Infiuencing on Customers’ E- Satisfaction: A case Study from Iran, Journal of contemporary research business, vol. 3 (9).
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitat Ikualitatif dan RED. Bandung: Alfabeta.
(2013). Metode Penelitian. Alfabeta. Bandung
(2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Iluantitatfi,. Ikualitat fi, dan Be'rD. Bandung: Alfabeta.
Taddeon (2011).) .The Case For £-trust. In Article Ethics andInformation Technology (1) :1-13.
Tjiptono, Fandy. (2010). Strategi Pemasaran, Edisi 2, Audi Offset, Yogyakarta.
Tjiptono & Chandra, G. ( 2011). Service, Quality, W S atisfaction. Edisi Ketiga. Yogyakarta: ANDI
Zeithaml, Bitner, dan Gremler. (2009). Service Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm.

Downloads

Published

2019-05-07

How to Cite

Intan Nur Latifah. (2019). PENGARUH E-SATISFACTION DAN E-TRUST KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI ONLINE DI MARKETPLACE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA/I DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN). Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 8(1), 92–98. https://doi.org/10.30606/cano.v8i1.723

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.