PENGARUH PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Nurhayati, Amiruddin Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/cano.v6i1.625

Keywords:

Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh program Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik deskriptif yaitu mendeskripsikan ciri-ciri variabel penelitian yaitu Corporate Social Responsibility dan nilai perusahaan. Sedangkan dalam analisis statistik inferensial dilakukan pengujian atas hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linier sederhana yang diperoleh yaitu Y = 6.372 + 35X artinya terdapat hubungan positif antara variabel X dan Y. Korelasi nilai r sebesar 0,99 artinya bahwa korelasi variabel X dan Y adalah sangat kuat. Uji t hipotesis diperoleh t hitung ≥ t tabel (10,07 ≥ 4,30) sehingga dapat disimpulkan bahwa program Corporate Social Responsibility yang dilakukan oleh perusahaan otomotif di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 berpengaruh signifikan terhadap total penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nurhayati, Amiruddin, Universitas Pasir Pengaraian

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh program Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik deskriptif yaitu mendeskripsikan ciri-ciri variabel penelitian yaitu Corporate Social Responsibility dan nilai perusahaan. Sedangkan dalam analisis statistik inferensial dilakukan pengujian atas hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linier sederhana yang diperoleh yaitu Y = 6.372 + 35X artinya terdapat hubungan positif antara variabel X dan Y. Korelasi nilai r sebesar 0,99 artinya bahwa korelasi variabel X dan Y adalah sangat kuat. Uji t hipotesis diperoleh t hitung ≥ t tabel (10,07 ≥ 4,30) sehingga dapat disimpulkan bahwa program Corporate Social Responsibility yang dilakukan oleh perusahaan otomotif di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 berpengaruh signifikan terhadap total penjualan.

References

Algifari. 2013. Statistika Deskriptif Plus. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Ardianto, Elvinaro dan Dindin M. Machfudz.2011. Efek Kedermawanan Pebisnis dan CSR. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Defli, Ranti. 2014. Analisis Pelaksanaan Corporate Social Responsibility Pada PT. Perdana Inti Sawit Perkasa (PISP) Kecamatan Kepenuhan.Skripsi. Universitas Pasir Pengaraian.
Gunawan, Juniati. 2009. Mengukur Kinerja Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.Artikel Koran Bisnis Indonesia, dimuat tanggal 8 Juni 2009.
Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hery. 2011. Akuntansi Aktiva, Utang dan Modal. Yogyakarta: Gava Media.
Hery. 2012. Akuntansi dan Rahasia Dibaliknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Hery dan Widyawati Lekok. 2013. Akuntansi Keuangan Menengah 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Ikatan Akuntan Indonesia. 2015. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Kuntari, Y dan A. Sulistyani. 2007. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial dalam Laporan Tahunan Perusahaan Indeks Letter Quality (LQ 45) Tahun 2005. Jurnal Ilmiah Aset.
Mulyadi. 2010. Sistem Akuntansi.Jakarta: Selemba Empat
Nurlela dan Islahudin. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating.Simposium Nasional Akuntansi XI.
Rosiana, Gusti Ayu Made Ervina. 2013. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi.E-Jurnal.Universitas Udayana Bali.
Soemarso S.R. 2010. Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suharli, Michell. 2002. Studi Empiris terhadap Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan pada Perusahaan Go Public di Indonesia.Jurnal Maksi.
Suwardjono. 2005. Akuntansi Pengantar. Yogyakarta: BPFE.
Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas.
Untung, Hendrik Budi. 2008. Corporate Social Responsibility. Jakarta: SInar Grafika.
Winarni, F. dan G. Sugiyarso.2006. Konsep Dasar dan Siklus Akuntansi. Yogyakarta: Media Pressindo.

Downloads

Published

2017-03-22

How to Cite

Nurhayati, Amiruddin. (2017). PENGARUH PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 31–38. https://doi.org/10.30606/cano.v6i1.625

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.