ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BEROBAT DI PUSKESMAS PEMBANTU DESA PASIR UTAMA
DOI:
https://doi.org/10.30606/cano.v9i2.1593Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan
pasien yang dirawat di Puskesmas Desa Pasir Utama. Sampel dalam penelitian ini
sebanyak 44 responden. Ada juga metode pengambilan sampel yang menggunakan teknik Accidentals.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, sederhana
analisis regresi linier, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan
pengujian hipotesis. Analisis regresi linier sederhana yang digunakan menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan
berpengaruh terhadap kepuasan pasien, dapat dilihat dari hasil persamaan regresi dengan
hasil Y = 4,421+ 0,589XX, nilai tersebut menunjukkan bahwa X atau kualitas pelayanan berpengaruh terhadap
kepuasan pelanggan sebesar 0,589 atau 58,9%. Berdasarkan perhitungan korelasi
koefisien diperoleh hasil sig (2-tailed) sebesar 0,058 artinya hubungan antara
dua variabel rendah. Koefisien determinasi menunjukkan pengaruh variabel X terhadap
variabel Y kuat. Angka uji hipotesis diperoleh signifikansi sebesar 0,000. Itu artinya
ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, karena 0,000
< 0,05 artinya nilai regresi layak atau benar. Disarankan kepada
kepala puskesmas di Desa Pasir Utama agar lebih memperhatikan kualitas
pelayanan yang diberikan oleh pegawai puskesmas sehingga pasien mendapatkan kepuasan dalam
sesuai dengan apa yang mereka harapkan, dan kebutuhan fasilitas modern untuk mengadakan a
puskesmas dapat dipercaya oleh masyarakat setempat.
Downloads
References
Dhiwanshah Muda, Tryhaji, 2014,
Analisis Pengaruh Kualitas
Pelayanan dan Kualitas Tenaga
Medis Terhadap Kepuasan
Pasien Rawat Inap di RSUD
Kabupaten Batang. Dapat
diakses pada
http://eprints.undip.ac.id/44617/
/01_MUDA.pdf. Diakses pada
tanggal 31 Maret 2015, pukul
37
Kotler, Philip. 2002. Manajemen
Pemasaran1. Millineum ed.
Jakarta: PT Prenhallindo.
Retno Indriaty, Dewi, 2010, Analisis
Pengaruh Tingkat Pelayanan
Jasa Puskesmas Terhadap
Kepuasan Pasien. Dapat di
akses pada
http://eprints.undip.ac.id/23165/
/SKRIPSI_dewi.pdf. Diakses
pada tanggal 31 Maret 2015,
pukul 15.05
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D. CV. ALFABETA.
BANDUNG
Supranto, J. 2001. Statistik. Teori dan
Aplikasi. Erlangga. Jakarta
Taniredja, Tukiran dan Mustafidah,
Hidayati, 2012. Penelitian
Kuantitatif. ALFABETA.
BANDUNG
Tjiptono, Fandy, 2010. Total Quality
Management.Yogyakarta: Mdi
Offset