ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BEROBAT DI PUSKESMAS PEMBANTU DESA PASIR UTAMA

Authors

  • Efi Andari Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/cano.v9i2.1593

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan
pasien yang dirawat di Puskesmas Desa Pasir Utama. Sampel dalam penelitian ini
sebanyak 44 responden. Ada juga metode pengambilan sampel yang menggunakan teknik Accidentals.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, sederhana
analisis regresi linier, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan
pengujian hipotesis. Analisis regresi linier sederhana yang digunakan menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan
berpengaruh terhadap kepuasan pasien, dapat dilihat dari hasil persamaan regresi dengan
hasil Y = 4,421+ 0,589XX, nilai tersebut menunjukkan bahwa X atau kualitas pelayanan berpengaruh terhadap
kepuasan pelanggan sebesar 0,589 atau 58,9%. Berdasarkan perhitungan korelasi
koefisien diperoleh hasil sig (2-tailed) sebesar 0,058 artinya hubungan antara
dua variabel rendah. Koefisien determinasi menunjukkan pengaruh variabel X terhadap
variabel Y kuat. Angka uji hipotesis diperoleh signifikansi sebesar 0,000. Itu artinya
ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, karena 0,000
< 0,05 artinya nilai regresi layak atau benar. Disarankan kepada
kepala puskesmas di Desa Pasir Utama agar lebih memperhatikan kualitas
pelayanan yang diberikan oleh pegawai puskesmas sehingga pasien mendapatkan kepuasan dalam
sesuai dengan apa yang mereka harapkan, dan kebutuhan fasilitas modern untuk mengadakan a
puskesmas dapat dipercaya oleh masyarakat setempat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dhiwanshah Muda, Tryhaji, 2014,

Analisis Pengaruh Kualitas

Pelayanan dan Kualitas Tenaga

Medis Terhadap Kepuasan

Pasien Rawat Inap di RSUD

Kabupaten Batang. Dapat

diakses pada

http://eprints.undip.ac.id/44617/

/01_MUDA.pdf. Diakses pada

tanggal 31 Maret 2015, pukul

37

Kotler, Philip. 2002. Manajemen

Pemasaran1. Millineum ed.

Jakarta: PT Prenhallindo.

Retno Indriaty, Dewi, 2010, Analisis

Pengaruh Tingkat Pelayanan

Jasa Puskesmas Terhadap

Kepuasan Pasien. Dapat di

akses pada

http://eprints.undip.ac.id/23165/

/SKRIPSI_dewi.pdf. Diakses

pada tanggal 31 Maret 2015,

pukul 15.05

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. CV. ALFABETA.

BANDUNG

Supranto, J. 2001. Statistik. Teori dan

Aplikasi. Erlangga. Jakarta

Taniredja, Tukiran dan Mustafidah,

Hidayati, 2012. Penelitian

Kuantitatif. ALFABETA.

BANDUNG

Tjiptono, Fandy, 2010. Total Quality

Management.Yogyakarta: Mdi

Offset

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Efi Andari. (2022). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BEROBAT DI PUSKESMAS PEMBANTU DESA PASIR UTAMA. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 9(2), 58–65. https://doi.org/10.30606/cano.v9i2.1593