DETERMINAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DI KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU

Authors

  • Zulkarnain Universitas Pasir Pengaraian
  • Dessy Kumala Dewi Universitas Islam Kuantan Singingi

Keywords:

Tingkat Pendidikan, Pengalaman Kerja, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Komitmen Organisasi, Kualitas Laporan Keuangan.

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah tingkat pendidikan berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan BUMDes, Untuk mengetahui apakah pengalaman kerja berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan BUMDes, Untuk mengetahui apakah Pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh terhadap laporan keuangan BUMDes, Untuk mengetahui apakah komitmen organiasi berpengaruh terhadap laporan keuangan BUMDes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu sebuah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas), uji regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS (Statistic Package for Sosial Sciens). Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa secara parsial tingkat Pendidikan berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan, Pengalaman kerja tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan, Pengunaan teknologi informasi tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan, Komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan. Secara simultan tingkat Pendidikan, pengalaman kerja, pemanfaatan teknologi informasi dan komitmen organisasi secara simultan berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arfan Ikhsan Lubis. 2011. Akuntansi Keprilakuan. Cetakan Ke Dua. Penerbit: Salemba Empat. Jakarta.

Agus, Harjito. D. 2011. Manajemen Keuangan. Penerbit: Ekonisia. Yogyakarta.

Bambang, Warista. 2013 Teknologi Pembelajaran ( Landasan& Aplikasinya ). Penerbit: Rineka Cipta. Jakarta

Febriady Leonard Sembiing, (2007). “Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia , Pemanfaatan Teknologi Infomasi dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Keandalan dan Ketepatwaktuan Pelaporan Keuangan Pemerintah.” Universitas Padang.

Hasibuan, Melayu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit : PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan, PSAK No. 1 :Penyajian Laporan Keuangan. Penerbit: Salemba Empat .Jakarta.

Karmila, Amries Rusli Tanjung dan Edfan Darlies, (2015). “Pengaruh Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Pengendalian Intern Terhadap Keterandalan Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah. ( Studi pada Pemerintah Provinsi Riau)”. Jurnal Sorot Vol.9, No.1, April, hal. 1-12, Lembaga Penelitian Universitas Riau.

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. 2013.Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor64 Tahun 2013. Tentang Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual pada PemerintahDaerah.Jakarta.

Luh Sukriani, dkk. 2018. “Pengaruh tingkat pendidikan, pengalaman kerja, pelatihan, dan pengunaan teknologi informasi terhadap kualitas laoran keuangan BUMDES di Kecamatan Negara”. Junrnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, Vol. 9 No. 3, Universitas Pendidikan Ganesha.

Mulyadi. 2014. Sistem Akuntansi. Edisi ketiga.Penerbit: STIE YKPN.Yogyakarta

Ratna Wijaya, (2017). “Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Implementasi Akuntansi Akrual Terhadap Kualiatas Laporan Keuangan Daerah ( Studi pada pemerintah kabupaten madiun)”. Jurusan Ilmu dan Riset Akuntansi Vol.6, No.3, Maret 2017

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitas, dan R dan D.Penerbit : Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitas, dan R dan D.Penerbit : Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2014.Statistik Untuk Penelitian. Penerbit : Alfabeta. Bandung.

Sofyan Syafri Hasibuan. 2012. Teori Akuntansi. Penerbit : Raja Wali. Jakarta.

Trijono, Rachmat. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Penerbit: Papas Sinar Sinanti. Bandung.

Downloads

Published

2021-12-28

How to Cite

Zulkarnain, & Dessy Kumala Dewi. (2021). DETERMINAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DI KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 10(2), 56–68. Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/cano/article/view/1422