PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI 1 BONAI DARUSSALAM
DOI:
https://doi.org/10.30606/bakoba.v4i02.3107Keywords:
Hasil Belajar,, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Pair CheckAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bonai Darussalam.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Bonai Darussalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 162 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B yang berjumlah 79 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data nilai Pre-Test dan Post-Test berdistribusi normal dan varians nya homogen. Rata-rata nilai PreTest kelas eksperimen adalah 43,10 dan kelas kontrol 39,58. Rata-rata nilai post-test kelas eksperimen 79,05 dan kelas kontrol 60,97. Hasil penelitian dihitung dengan menggunakan rumus t-test dengan hasil > = 7,415 >1,670, yang artinya terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Bonai Darussalam. Saran dalam penelitian ini, bagi sekolah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check dapat digunakan sebagai informasi bagi sekolah, karena sekolah dapat melaksanakan model, metode dan strategi pembelajaran yang dapat menigkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Ahmad, F. 2016. ''Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar IPA Terpadu Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Talabuhan Kabupaten Mamasa''. Jurnal Sainsmat, Vol. 5, No 2, hlm 137.
Ahmad, s. 2013. Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar . Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Arikunto. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Aris, S. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif . Rembang: AR-Ruzz Media.
Batubara Muhyi.2004. Sosiologi Pendidikan . Jakarta: Ciputat Press.
Firda.A, N. 2018. ''Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Berbantu Media Handout Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ciri-ciri Makhluk Hidup Di Kelas VII SMP Negeri 32 Pekanbaru''. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol 1, No 1, hlm 11.
Frandy Suntoro, dkk. 2021. ''Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Dan Konvensional Terhadap Hasil Belajar IPS siswa SMP Negeri 10 Merangin''. Jurnal Ekopedia, Vol 6, 1 juli 2021 hlm 27-36.
Halimah, S. 2021. ''Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Hasil Belajar IPS''. Edukasi IPS, Vol 5, no 1 Maret 2021.
Hermawan Herry, A. 2007. Belajar Dan Pembelajaran Sekolah Dasar . Bandung: UPI PRESS.
Huda, M. 2014. Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lustiana Sari, Dwi Sulisworo.2018. “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Berbantuan Aplikasi Schoologhy Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa”, Jurnal: Seminar Nasional Edusaintek FMIPA UNIMUS
Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran . Bandung: Rosdakarya.
Nadia Julita, dkk. 2022. ''Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 67 Lubuk
Linggau'', Jurnal : Linggau Jurnal Of Elementary School Education, Vol. 2 No 3 September 2022.
Ngalimun, d. 2015. Strategi Dan Model Pembelajaran Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Nurhidayah. 2016. ''Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPA 5 SMA N Wonomulyo''. Jurnal Pepatuzdu, Vol. 11, No 1, 2016. h. 76.
Nursid, N. 2014. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.
Oemar Hamalik. 2013. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sihombing, L. N. 2020. ''Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Berbantu Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar IPS terpadu siswa kelas VIII''. Jurnal Tunas Bangsa, Vol 7, no 2 Agustus 2020.
Sugiyono. R. 2010. Statistika Penelitian Pendidikan. Garut: STKIP Garut Press.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundayana. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
Syaiful Umam, d. 2019. ''Penerapan Model Pembelajaran Pair Check Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa''. Journal Of Mathematics And Mathematics Education, Vol 1, No 2,2019 pp. 73-81.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif . Jakarta: Kencana
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Triwulandari, D. 2017. ''Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Tipe Pair Check''. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, Vol 5, no 1 Februari 2017.
Zulkipli. 2006. Pendidikan IPS. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Pusat Teknologi Komunikasi Dan Informasi Pendidikan.