ANALISIS PENGARUH KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) TERHADAP KECEPATAN KENDARAAN DI RUAS JALAN LINGKAR BOTER, KABUPATEN ROKAN HULU STA 0+000 – STA 2+800
Keywords:
Kerusakan Jalan, PCI, SDI, Kecepatan KendaraanAbstract
Abstrak
Jalan merupakan prasarana angkutan darat yang sangat penting di Indonesia. Penelitian dilakukan di ruas Jalan Lingkar Boter, Kabupaten Rokan Hulu pada Sta 0+000 s/d Sta 2+800 yang bertujuan untuk mengidentifikasi jenis dan tingkat kerusakan lapis perkerasan jalan serta pengaruhnya terhadap kecepatan kendaraan pada kondisi aktual. Penelitian ini menggunakan dua metode yaitu metode PCI, SDI dan survei waktu tempuh kendaraan LV, HV dan MC setiap Sta tersebut untuk memperoleh pengaruh kerusakan jalan. Kemudian data PCI dan SDI dianalisis menggunakan uji Regresi Linier sederhana menggunakan Software SPSS. Jenis kerusakan dengan metode Pavement Condition Index (PCI) yaitu amblas 59%, sempurna 19%, retak kulit buaya 11%, tambalan 5%, sungkur 2%, retak pinggir 2%, dan retak memanjang 2%. Rata-rata nilai PCI adalah 41,21 maka dikategorikan Sedang (Fair). Sedangkan dengan metode Surface Distress Index (SDI) adalah retak 31%, lubang 39%, alur ban 16%, dan sempurna 14%. Rata-rata nilai SDI adalah 52,83 maka dikategorikan Sedang. Berdasarkan analisis statistik dengan Software SPSS antara nilai PCI dan SDI, nilai kecepatan pada segmen terpilih diperoleh bahwa kondisi perkerasan jalan mempengaruhi kecepatan kendaraan. Hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh nilai R2 yaitu 0,684 dengan persamaan LV = 6,071+0,558 PCI, nilai R2 yaitu 0,707 dengan persamaan HV = 7,150+0,376 PCI, nilai R2 yaitu 0,654 dengan persamaan MC = 15,173+0,574 PCI, nilai R2 yaitu 0,553 dengan persamaan LV = 58,126-0,222 SDI, nilai R2 yaitu 0,588 dengan HV = 42,298-0,152 SDI, nilai R2 yaitu 0,609 dengan persamaan MC = 69,506-0,245 SDI.
Abstract
Roads are a very important land transportation infrastructure in Indonesia. The research was carried out on the section of the Boter Ring Road, Rokan Hulu Regency at Sta 0+000 to Sta 2+800 which aims to identify the type and level of damage to the road pavement layer and its effect on vehicle speed in actual conditions. This study uses two methods, namely the PCI, SDI method and the travel time survey of LV, HV and MC vehicles for each station to obtain the influence of road damage. Then PCI and SDI data were analyzed using a simple Linear Regression test using SPSS Software. The types of damage using the Pavement Condition Index (PCI) method are 59% collapse, 19% perfect, 11% crocodile skin cracks, 5% patches, 2% slumps, 2% edge cracks, and 2% longitudinal cracks. The average PCI score is 41.21, so it is categorized as Fair (Fair). Meanwhile, with the Surface Distress Index (SDI) method, it is 31% cracked, 39% potholes, 16% tire grooves, and 14% perfect. The average SDI score is 52.83, so it is categorized as Moderate. Based on statistical analysis with SPSS Software between PCI and SDI values, the speed values in the selected segment were obtained that the condition of the road pavement affected the speed of the vehicle. The results of the simple linear regression analysis obtained an R2 value of 0.684 with the equation LV = 6.071 + 0.558 PCI, an R2 value of 0.707 with the equation HV = 7.150 + 0.376 PCI, an R2 value of 0.654 with the equation MC = 15.173 + 0.574 PCI, an R2 value of 0.553 with the equation LV = 58.126-0.222 SDI, an R2 value of 0.588 with HV = 42.298-0.152 SDI, R2 value is 0.609 with the equation MC = 69.506-0.245 SDI
Downloads
References
M. E. Bolla, “perbandingan metode bina marga dan PCI (Pavement Condition Index) dalam penilaian kondisi perkerasan jalan,” J. Tek. Sipil, pp. 104–116, 2019.
Wiro, K. Erwan, and S. N. Kadarini, “Analisis Kerusakan Perkerasan dengan Metode Surface Distress Index ( SDI ) DAN PERENCANAAN PERBAIKAN JALAN ( Studi kasus : Ruas Jalan Sidas – Simpang Tiga ),” Teknik, vol. 2, pp. 1–8, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/JMHMS/article/view/58697/75676595080
Direktorat Jenderal Bina Marga, “Perjalanan Lalu Lintas Direktorat Jenderal Bina Marga,” Direktorat Jenderal Bina Marga, no. 001, 1990.
. Bina Marga, “Manual Konstruksi dan Bangunan No.001-01/BM/2011 Tentang Survei Kondisi Jalan Untuk Pemeliharaan Rutin,” Kementeri. Pekerj. Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, no. 001, pp. 1–134, 2011.
Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, “Prosedur Pemeliharaan Jalan SOP/UPM/DJBM-12.” pp. 1–20, 2016.
“SK Bupati Tentang Status Jalan TA. 2024.pdf.”
PM RI No 43 Tahun 1993 Tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan, “PM RI No 43 Tahun 1993 Tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan,” Peratur. Pemerintah No 43 Tahun 1993, vol. 2003, 2001.
Peraturan Pemerintah RI, “Peraturan Pemerintah Republik Indonesai tentang Jalan (Undang-Undang Nomor 38 Pasal 1 Ayat 1 Tahun 2004),” Undang. Republik Indones. Nomor 38, vol. 1, no. 1, p. 3, 2004.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2025 ROHANI, BAMBANG EDISON, RISMALINDA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.