ANALISIS KERUSAKAN JALAN BERDASARKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) RUAS JALAN SIMPANG KUMU-DURI, KEPENUHAN HULU, KABUPATEN ROKAN HULU (STA 020+000 – STA 025+000)

Authors

  • Aria Santanu MAHASISWA UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN
  • Bambang Edison Universitas Pasir Pengaraian
  • Anton Ariyanto Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Analisis, Kerusakan Jalan, Pavement Condition Index

Abstract

Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang memiliki peranan penting sebagai penunjang mobilisasi barang, jasa, maupun orang. Kerusakan prasarana jalan yang terbebani oleh volume lalu lintas yang tinggi dan berulang-ulang akan menyebabkan terjadinya penurunan kualitas jalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahPavement Condition Index (PCI).  Prosedur pemeriksaan kerusakan jalan meliputi data administrasi jalan, data pengukuran dimensi serta gambar dan pengukuran dimensi kondisi kerusakanjalan. Hasil berdasarkan pemeriksaan jenis kerusakan badan jalan lintas simpang kumu-duri sebagai berikut : STA 020+000-025+000 adalah amblas 47,66%, Retak Memanjang 15,04%, Lubang 4,55%, dan Tambalan 32,75%mendapatkannilai total PCI yaitu 55,78 dengan kondisi perkerasan yaitu sedang (fair) maka dibutuhkan perbaikan pemeliharaan berkala.

 

Abstract

Roads are land transportation infrastructure which has an important role as a support for the mobilization of goods, services, and people.people. Damage to road infrastructure that is burdened by high and repetitive traffic volumes will cause a decline in road quality. will cause a decrease in road quality. The method used in this research is the Pavement Condition Index (PCI).  Road damage inspection procedure inspection procedures include road administration data, dimensional measurement data and drawings and dimensional measurements of road damage conditions. and dimensional measurements of road damage conditions.

The results based on the inspection types of road body damage as follows: STA 020+000-025+000 is collapsed47.66%, longitudinal cracks 15.04%, holes 4.55%, and patches 32.75% and the total PCI value is 55.78 with the condition of the road. PCI total value is 55.78 with a pavement condition that is medium (fair) then periodic maintenance repairs are needed.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adila Yudia Purnama (2022) Analisis Kerusakan Jalan Dengan Metode SDI Dan IRI Serta Penanganannya Dengan Metode Lendutan Manual Desain Perkerasan Jalan.

BinaMarga,2011.Manual PerbaikanStandar UntukPemeliharaanRutin JalanNo. 001-02 /M/ BM / 2011. Jakarta: Kementrian Pekerjaan Umum DirektoratJenderalBinaMarga.

Bina Marga, 2017. Manual Desain Perkerasan Jalan No. 04/SE/Db/2017. Jakarta:KementrianPUPR DirektoratJenderalBina Marga.

Ferina Yosi (2021) Analisis Kerusakan Jalan Berdasarkan Metode Pavement Condition Index (PCI) Dan International Roughness Index (IRI) Beserta Rencana Anggaran Biaya Perbaikan.

Hardiyatmo,HaryChristady. 2015. PemeliharaanJalanRayaEdisiKedua. Yogyakarta:UniversitasGajahMada.

Lestari Evitya Dwi (2020) Analisis Kerusakan Perkerasan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) Dan Bina Marga (Ruas Jalan Sijunjung Sta 103+000-108+000).

Prabowo, Gigih Ady,dkk. 2016. Studi hubungan antara nilai kerusakan permukaanjalan (PCI) dengan nilai ketidakrataan jalan (IRI) (studi kasus: jalan provinsidiUPTMojokerto).Malang.UniversitasBrawijaya.

Ramadona Fitri (2022) Analisis Kerusakan Jalan Raya Pada Lapis Permukaan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) Dan Metode Bina Marga (Studi Kasusa Jalan Landai Sungai Data Sta 0+000 – Sta 2+000 ).

Sari Devita (2019) Perbandingan Nilai Kerusakan Jalan Berdasarkan Pengamatan Metode PCI (Pavement Condition Index) Dan Metode IRI (International Roughness Index) Pada Jalan Kelas Ii Di Kabupaten Lumajang.

Downloads

Published

03-07-2024

How to Cite

[1]
A. Santanu, Bambang Edison, and Anton Ariyanto, “ANALISIS KERUSAKAN JALAN BERDASARKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) RUAS JALAN SIMPANG KUMU-DURI, KEPENUHAN HULU, KABUPATEN ROKAN HULU (STA 020+000 – STA 025+000)”, jurnaltaxiway, vol. 3, no. 2, pp. 71–77, Jul. 2024.

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.