POTENSI PENGOLAHAN LIMBAH SALAK PONDOH DIKABUPATEN ROKAN HULU

POTENTIAL FOR TREATMENT OF SALAK PONDOH WASTE IN ROKAN HULU DISTRICT

Authors

  • Sherliyana Anggraini Universitas Pasir Pengaraian
  • Andi Lesmana Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/hirarki.v3i3.1450

Keywords:

Potensi, Pengolahan Limbah, Salak Pondoh

Abstract

Kabupaten Rokan Hulu merupakan daerah pertanian dengan tanaman utamanya padi dan salak pondoh, selain kelapa dan buah–buahan yang ditanam di pekarangan. Selama ini, buah salak pondoh (Salacca zalacca) , sedangkan bagian lainnya dibuang sebagai limbah dan tidak termanfaatkan, yang justru sering menimbulkan masalah. Oleh karena itu, penelitian masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan nilai tambah pada limbah pertanian melalui pengolahan menjadi berbagai macam produk, serta meningkatkan pengetahuan, wawasan dan ketrampilan masyarakat dalam pengelolaan dan pemanfaatan limbah pertanian. Hasil kegiatan penelitian pada masyarakat menunjukkan bahwa limbah pertanian berupa biji salak pondoh diolah menjadi kopi biji salak yang bernilai ekonomi, sehingga masyarakat dapat ketrampilan dalam mengolah limbah pertanian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dasrianti. 2018. Analisis Pendapatan dan Beban Usaha Dalam Meningkatkan Laba Pada PT.Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Belmera Medan. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Dwi Romadina. 2018. Pengaruh Modal Kerja, Jam Kerja dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan Pedagang Kaki Lima Perempuan Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pasar Bambu Kuning Tanjung Karang Pusar Bandar Lampung). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Santa Permata. 2019. Pengaruh Upah, Bahan Baku, dan Lama Usaha Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja Industri Tahu Di Kecamatan Manisrenggo. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hidayatun. 2017. Analisis Potensi Pengembangan Komoditas Salak Pondoh (Salaca edulis) di Kecamatan Banjanmangu Kabupaten Banjar Negara. Skripsi. Fakultas Peternakan dan Pertanian. Universitas Diponegoro.

Anak Agung, Ari Satrya Devi. 2019. Pengaruh Tenaga Kerja dan Biaya Produksi Terhadap Produktivitas dan Pendapatan Industri Pengrajin Batako Di Kota Denpasar. E-Jurnal EP Unund. Vol. 9 No. 9.

Vivi Nur dan Indah Sari. 2019. Pengaruh Produktivitas Terhadap Pendapatan Petani Padi Dalam Perpektif Ekonomi Islam (Studi di Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Inda, Purnama. 2016. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Produktivitas dan Pendapatan Petani Bayam di Kecamatan Soreng Kota Parepare. Skripsi. Fakulttas Ekonomi. Universitas Negeri Makassar.

Agus Nugroho, Setiawan. 2019. Introduksi Pengolahan Limbah Salak Pondoh dan Kelapa Menjadi Produk Bernilai Ekonomi Pada PKK di Dusun Potro,Pakem, Sleman.Jurnal Surya Masyarakat.Vol. 2. No. 1.

Yanda, Fauzi Tama. 2014. Analisis Usaha Tani dan Pemasaran Salak Pondoh (Salacca edulis) Di Desa Rambah Baru Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu. Jom Faperta.Vol. 1 No. 2.

Downloads

Published

2021-10-14

How to Cite

Sherliyana Anggraini, & Andi Lesmana. (2021). POTENSI PENGOLAHAN LIMBAH SALAK PONDOH DIKABUPATEN ROKAN HULU: POTENTIAL FOR TREATMENT OF SALAK PONDOH WASTE IN ROKAN HULU DISTRICT . Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 3(3), 383–391. https://doi.org/10.30606/hirarki.v3i3.1450