PENGARUH EMPATI, ASSURANCE, DAN RESPONSIVENEES TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI APOTEK INDAH SIMPANG SKPD

Authors

  • Fikli Taufik Fikli a:1:{s:5:"en_US";s:28:"Universitas Pasir Pengaraian";}

DOI:

https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i3.1545

Keywords:

Empati, Assurance, Responsiveness, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Empai terhadap loyalitas pelanggan, menganalisis assurance terhadap loyalitas pelanggan, menganalisis pengaruh Responsivenees terhadap Loyalitas Pelanggan dan menganalisis Pengaruh Empati, Assurance, dan Responsivenees terhadap Loyalitas Pelanggan di Apotek Indah Simpang SKPD. Penelitian ini dilakukan di Jl. Lintas Riau-Sumut- SKPD Kabupate Rokan Hulu. Sumber data pada penelitian ini adalah responden pelanggan apotek indah simpang SKPD 118 orang. Teknik analisa data yang digunakan berupa analisis deskriptif, uji validitas, uji realibitas,uji normalitas, multikolinieritas, heterokedastisitas,serta uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, assurance berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, responsivenees berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan serta empati, assurance, dan responsivenees berpengaruh secara simultan terhadap Loyalitas Pelanggan di Apotek Indah Simpang SKPD. Saran-saran yang dikemukakan pada penelitian ini yaitu pelayanan yang di berikan harus penuh perhatian, memberikan informasi yang tepat dan cepat, serta sigap.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Hasan. (2014). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS. Yogyakarta.

Asih & Pratiwi. (2010). Perilaku Prososial ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi Volume I No 1. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Akdon, Ridwan. (2011). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung : Alfabeta

Danang, Sunyoto. (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.

Donni Junni Priansa. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta

Fandy, Tjiptono dan Greforius, Chandra. (2016). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian). Yogyakarta: Andi.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler dan Philip. (2011). Manajemen Pemasaran di Indonesia (edisi 1). Jakarta: Salemba Empat.

Nasution, M. Nur. (2010). Manajemen Mutu Terpadu. Penerbit Ghalia Indonesia. Bogor.

Sangadji, Etta Mamang & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen - Pendekatan Praktis disertai Himpunan. Jurnal Penelitian. Yogyakarta: ANDI.

Setyawan, I. (2011). Peran Keterampilan Belajar Kontekstual dan Kemampuan Empati Terhadap Adversity Intelligence Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta,

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Supeni, MG. (2014). Empati Perkembangan dan Pentingnya Dalam Kehidupan Bermasyarakat. Jurnal Psikologi Vol. 40 No. 1, 15 Februari 2014 : 60-71. Magelang : FKIP Universitas Tidar Magelang

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Zoll, C., dan S. Enz. (2012). A Questionnaire to Assess Affective and. Cognitive Empathy in Children. OPUS publications server.

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

Fikli, F. T. (2022). PENGARUH EMPATI, ASSURANCE, DAN RESPONSIVENEES TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI APOTEK INDAH SIMPANG SKPD. Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(3), 818–826. https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i3.1545

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.