Strategi Pengembangan Umkm Menggunakan Business Model Canvas

  • Pitri Fauziah Universitas Pasir Pengaraian
Keywords: BMC, Analisis SWOT, Bussines model canvas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran usaha penggilingan bakso menggunakan Business Model Canvas dan untuk mengetahui strategi model usaha penggilingan bakso  dengan menggunakan Business Model Canvas. Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian SWOT yang dilakukan nilai IFAS+0,75 dan nilai dari EFAS+0,40. Usaha penggilingan bakso berada pada pengembangan (Growth) yang dapat mengembangkan Usaha Penggilingan Bakso serta memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut peluang sebesar-besarnya. Pada Desain Business Model Canvas usaha penggilingan bakso terdapat satu strategi baru sebagai perbaikan bisnis usaha penggilingan bakso selanjutnya melalui analisis SWOT yaitu strategi SO. Dimana Usaha Penggilingan Bakso memperluas segmen pelanggan serta memanfaatkan media social sebagai alat media promosi. Selanjutnya menghasilkan Business Model Canvas baru hasil perbaikan yang dijadikan sebagai strategi alternative yang digunakan untuk pengembangan usaha di masa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. PT. Asdi Mahasatya. Jakarta.
Boone, Louis E. Kurtz, David L. (2008). Pengantar Business Contemporary, buku 1. Jakarta: Four Salemba.
Chesbruoght, H.W, (2006). Open Business Models: How to Thrive In The New Innovation Landscape. Boston: Harvard Business School Press.
Dwi Prasetyo. (2016). Penerapan Business Model Canvas Untuk Menciptakan Alternatif Strategi Bisnis Di Dalam Pengembangan Kegiatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Tahun 2015 (Studi Pada UMKM Home Industry Tempe Dikota Bandar Lampung). Lampung.
Ermaya, S. K., Darna, N., & Manajemen, P. S. (2019). Strategi pengembangan bisnis dengan pendekatan business model canvas (studi kasus: industri kecil kerupuk), 1(September), 201–218.
Hermawan, A., & Pravitasari, J. (2003). Business Model Canvas ( Kanvas Model Bisnis ).
Hill, Charles W.L. dan Jones, (2010). Strategic Management 9th Edition. Canada: South-Western Cengage Learning.
Hudiya, R.D., & Hidaytullah, D.S. (2018). Formulasi Perancangan Bisnis Sebagai Bentuk Strategi Pengembangan Usaha Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus Pada Ukm Collins Indonesia). eProceedings Of Management, (5(3).
Khodijah, I. S., & Ghina , A .(2016). Analisis Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UMKM) Pada Pengrajin Kursi Sofa Cipacing Dengan Pendekatan Business Model Canvas. eProceedings Of Management , 3(2).
Kotler, Philip dan Amstrong, (2008). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: ERLANGGA.
Kotler dan Keller (2009). Manajemen Pemasaran Terjemahan Edisi 12. Jakarta: ERLANGGA.
Lestari, U. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Jasa Penginapan Dengan Pendekatan Business Model Canvas.
Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation - Canvas. Wiley, 280. Retrieved from http://www.businessgenaration .com/canvas.
Osterwalder, Alexander Dan Pigneur, Y Ves Terjemahan (2012). Business Model Canvas Genertion. Jakarta : Elex Media Komputindo.
Putri, F.F.T. (2015). Analisis inovasi model bisnis menggunakan pendekatan Business model canvas. Bandung: Jurnal Universitas Telkom.
Rahmana, Arif. (2009). Peranan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah. Jurusan Tehnik Industri, Fakultas Tehnik, Universitas Widyatama Diunduh pada tanggal 27/Januari/2019.
Rangkuti (2006). Pengertian dan rancangan diagram analisis SWOT. Jakarta : Bumi Aksara.
Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. http://doi.org/10.3975/cagsb.2015.05.08.
Rangkuti, Freddy. (2017). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Umum.
Rohmah, R.A (2016). Used the business model of canvas (BMC) to created alternative strategies in business development of the micro small medium enterprieses.
Stepan, Slavik and Richard Bednar. 2014. Analysis of Business Models. Journal of Competitiveness. University of Economics in Bratislava.
Suci, Y.R.(2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Cano Ekonomi, 6(1), 51-58.
Sugiyono. (2008). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandi dan Diana, Anastasia. (2001). Total Quality Management, Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2004). Tjiptono, Fandi . & amp; Chandra, Gregory. (2004). Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta; Andi. Journal of Business and Management Sciences, (4), 16-81. https://doi.org/10.12691/jbms-4-4-1.
Tjitradi (2015). Evaluasi dan perancangan model bisnis berdasarkan Business Model Canvas. Surabaya: Jurnal universitas Kristen petra.
UU Nomor 20 tahun 2008. Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Diakses melalui http://www.bi.go.id/id/tentang - bi/uu bi/Documents/UU20Tahun2008 UMKM.pdf.Tanggal 10 November 2018 Pukul 11.41 WIB.
Undang - Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah, Sekretariat Negara RI : Jakarta .
Published
2020-06-30
How to Cite
Fauziah, P. (2020). Strategi Pengembangan Umkm Menggunakan Business Model Canvas. HIRARKI : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 109-115. Retrieved from http://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki/article/view/386