PENGARUH SENAM AEROBIK TERHADAP UKURAN BERAT BADAN DAN LEMAK TUBUH

Authors

  • Yulinda Sahpitri Universitas Pasir Pengaraian
  • Masdi Janiarli Universitas Pasir Pengaraian
  • Ardo Yulpiko Putra Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Latihan Senam Aerobik, Ukuran Berat Bada dan Lemak Tubuh

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kondisi fisik peserta Club Senam Pemda Pasir Pengaraian mempengaruhi  hasil gerakan yang diperoleh kurang maksimal, akibatnya kurang kekompakan dalam latihan senam.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senam aerobik terhadap ukuran berat badan dan lemak tubuh pada club senam pemda Pasir Pengaraian.

Penelitian ini merupakan penelitian metode Eksperimen dilanjutkan dengan melihat kontribusi variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y. populasi dalam penelitian ini adalah peserta club senam pemda pasir pengaraian yang berjumlah 40 peserta dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan 27 Mei  sampai 1 Juli, bertempat di GOR Komplek Pemda dengan motode latihan Senam Aerobik dan pengambilan tes Body Fat Caliper. Dalam penelitian ini analisis data yang digunakan yaitu analisis uji normalitas dengan metode lilliefors, homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji t independent..

Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil analisis pengujian Hipotesis dari diperoleh thitung  7,676 dan ttabel 1,753 yang berarti thitung > ttabel, Berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian Pengaruh Latihan Senam Aerobik Terhadap Ukuran Berat Badan Club Senam Pemda Pasir Pengaraian. diperoleh thitung  7,376 dan ttabel 1,753 yang berarti thitung> ttabel. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan Metode Latihan Senam Aerobik terhadap Pengurangan Ukuran Lemak Tubuh Club Senam Pemda Pasir Pengaraian. Kesimpulan dalam penelitian ini sebagai berikut Metode Latihan Senam Aerobik Berpengsruh Secara Signifikan terhadap Ukuran Berat Badan dan Lemak Tubuh Club Pemda Pasir Pengaraian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aleksandraviciene,(2012). Penilaian Kapasitas Kerja Fisik Pesenam Aerobik Wanita yang Terlatih dan Berusia Berbeda. Jurnal Baltik Ilmu Olahraga dan Kesehatan 3.86

Gunawan. M. A. (2015). Statistik Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Sosial. Yogyakarta: Parama Publishing. ISBN: 978-602-1547-84-7.

Madijono. (2010). Manfaat Latihan Sistematis Teratur dan Terencana. Langsa : Gajah Mada University Press.

Pekik, D. (2000). Panduan Latihan Kebugaran. Yogyakarta: Lukman Ofsett.

. (2006). Panduan Gizi Lengkap Keluarga dan Olahragawan. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.

Pertiwi, Wahid, A.(2015). Senam Aerobik Low Impact Terhadap Dismenore Primer Pada Remaja Putri di SMKN 1 Martapura . Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan 3.2 : 46-52.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. ISBN: 979-8433-64-0.

Sukendro & Santoso, T. (2019). Pengaruh Senam Aerobic Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Putra Kelas VIII Smp Negeri 10 Muaro Jambi. Indonesia Journal Of Sport Science And Coaching. 1 (1), 35-48.

Trifiana. (2020) Timbangan Badan Digital. Https://www.sehatq.com/artikel/timbangan-badan-digital-vs-analog-mana-yang-lebih-efektif/amp Diakses pada 17 April 2022. Pukul 23:44

Utomo,GT., Junaidi, S & Rahayu,S. (2012). Latihan Senam Aerobik Untuk Menurunkan Berat Badan, Lemak, dan Kolestrol. Jurusan Ilmu Keolahragaan, 1(1), 2252-6528.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Sahpitri, Y., Janiarli, M., & Putra, A. Y. (2022). PENGARUH SENAM AEROBIK TERHADAP UKURAN BERAT BADAN DAN LEMAK TUBUH. Journal Of Sport Education and Training , 3(2), 182–189. Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/joset/article/view/1667

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2