EVALUASI PELAKSANAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KECAMATAN RAMBAH HILIR KABUPATEN ROKAN HULU

Authors

  • Muhammad Akbar Hermawan Universitas Pasir Pengaraian
  • Ridwan Sinurat
  • Masdi Janiarli

Keywords:

Sarana dan Prasarana, Usaha Kesehatan Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Presentase Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Rambah Hilir. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang dilakukan menggambarkan gejala fenomena atau peristiwa tertentu. Menggunakan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah terdiri 3 sekolah, yaitu Sekolah Menengah Atas Negeri 1, SMAN 2, dan SMAN 3. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan purposive sampling dengan jumlah 32 orang. Pelaksanaan penelitian menggunakan kuesioner online semua sampel menggunakan email pribadi menggunakan google form dengan link dikirim pada aplikasi WhatsApp. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Usaha Kesehatan Sekolah pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Rambah Hilir berkategori Standard dengan nilai rata-rata 69, 2%. Dalam hal tersebut diketahui bahwa penerapan Trias UKS dalam ketegori Standard dengan nilai 52%, sementara Status Kesehatan dalam kategori minimal dengan nilai 15%, Sumber Daya kategori minimal dengan nilai 19%, dan Peran TP UKS dalam kategori Minimal 14%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Habibie, M. (2016). Survei Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Peran Guru Pendidikan Jasmani di SMP Se- Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Volume 04 Nomor 01 Tahun 2016.

Indraswari, R., dkk. (2018). Pelaksanaan Trias Usaha Kesehatan Sekolah pada Tingkat Sekolah Dasar di Wilayah Tembalang Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Volume 6, Nomor 1, Januari 2018.

Kemendikbud. (2012). Pedoman dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar.

Kemendikbud. (2014). Pedoman Pelaksanaan UKS di Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar.

Kemenkes RI. (2018). Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sekolah/ Madrasah Sehat Tingkat SD/MI. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat.

Kurnia, R. (2017). Pedoman Usaha Kesehatan Sekolah. Jakarta: Bee Media Pustaka.

Nugroho Ridho (2016). Pelaksanaan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA N) se-Kota Yogyakarta. Skripsi Pelaksaan UKS SMA N se Kota Yogyakarta.

Peraturan bersama antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Menteri Agama Republik Indonesia, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 6/X/Pb/2014, Nomor 73 Tahun 2014 Nomor 41 Tahun

Nomor 81 Tahun 2014 Tentang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah/ Madrasah.

Purnama, I., dkk. (2007). Pelaksanaan Trias Usaha Kesehatan Sekolah

di Sekolah Menengah Pertama di Wilayah Kecamatan Purwokerto Kabuapten Banyumas. Jurnal Keperawatan Soedirman, Volume 2, Nomor 2,

Juli 2007.

Putra, M. A (2019). The Effect Of High Interval Training on Body Mass Index of Menopausal Women. Jurnal Menssana 4(2), 106-110.

Sinambela, L. P. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. (2018). Metodologi Peneleitian. Jogyakarta: Pustaka Baru Press.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan.

Undang-Undang RI Nomor 9 Tahun 1960 tentang Pokok-Pokok Kesehatan.

Widodo. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2022-01-01

How to Cite

Muhammad Akbar Hermawan, Sinurat, R., & Janiarli, M. (2022). EVALUASI PELAKSANAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KECAMATAN RAMBAH HILIR KABUPATEN ROKAN HULU. Journal Of Sport Education and Training, 2(2), 102–111. Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/joset/article/view/888

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>