ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY P UMUR 20 TAHUN DI PUSKESMAS WATUMALANG

Authors

  • romdiyah Universitas Sains Al-Qur'an
  • Nazilla Nugraheni Universitas Sains Al-Qur’an
  • Chici Kurnia Putri Universitas Sains Al-Qur’an
  • Nur Alfiah Universitas Sains Al-Qur’an

Keywords:

Asuhan, Kebidanan, Komprehensif

Abstract

Angka Kematian Ibu (AKI) dan Kematian Bayi (AKB) masih relatif tinggi di Indonesia. Upaya pemerintah untuk mengatasi hal tersebut salah satunya adalah melalui skema Asuhan Kebidanan Komprehensif, yang meliputi pelayanan asuhan kebidanan terpadu mulai dari Kehamilan, Bersalin, Bayi Baru Lahir, Nifas, Neonatus, hingga Keluarga Berencana (KB) yang ditulis menggunakan metode SOAP dalam bentuk deskriptif dan naratif dan dilakukan pengkajian secara berkesinambungan (Continuity of Care). Tujuannya yaitu pemberian Asuhan Kebidanan Komprehensif yang dilakukan secara Continuity of Care. Subjek pada Laporan ini adalah Ny. P umur 20 tahun di wilayah Puskesmas Watumalang yang dilakukan pengkajian dari tanggal 15 Maret 2022 sampai tanggal 06 Mei 2022. Dari hasil pengkajian pada kehamilan yang dilakukan 3 kali, ditemukan bahwa Ny. P memiliki resiko tinggi  yaitu Kekurangan Energi Kronik (KEK) dan TB <145 cm. Pada Asuhan Ibu Bersalin Ny. P mengalami persalinan dengan Kala II Lama. Pada Asuhan BBL bayi Ny. P mengalami Asfiksia Sedang. Pada Asuhan Ibu nifas dilakukan pengkajian 3 kali dan tidak ada komplikasi. Pada Asuhan Neonatus By. Ny. P mengalami Asfiksia Sedang, dan pada Asuhan Keluarga Berencana (KB) tidak ada komplikasi dan Ibu hendak menggunakan kontrasepsi jangka panjang yaitu Implan. Kesimpulan pada pengkajian ini yaitu pelaksanaan praktik sudah sesuai dengan teori dan tidak ada kesenjangan. Saran dari pengkajian yang telah dilakukan yaitu agar terus dilakukan Pelayanan Kebidanan guna peningkatan deteksi dini dan pencegahan komplikasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemenkes RI. (2016). Profil Kesehatan Indonesia. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkese RI RI. (2021). Buku Kesehatan Ibu dan Anak. In Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kementeri kesehatan RI.

Manuaba, I. B. G., & Manuaba. (2013). Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan, dan KB. In EGC.

marmi. (2016). Asuhan Kebidanan Pada Persalinan. In Pustaka Pelajar.

Notoatmodjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan.

Priyanti, S., & Syalfina, A. D. (2017). Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Dan Keluarga Berencana (pp. 1–378). Kekata Group.

Rianti, N. (2012). Efektivitas Program Pemberian Makanan Tambahan pada Ibu Melahirkan Kekurangan Energi Kronik di Kota Depok. Universitas Negeri Jakarta, 3(12).

Saifuddin, A. B. (2013). Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal Dan Neonatal. Bina Pustaka; Bina Pustaka.

Sari, A., & dkk. (2015). ASUHAN KEBIDANAN PADA KEHAMILAN Untuk Mahasiswa Kebidanan. In Media; In media.

Walyani, E. S., & Purwoastuti, E. (2015). Asuhan kebidanan masa nifas dan menyusui. In PT. Pustaka Baru.

WHO. (2019). Trends in maternal mortality. In New Zealand Medical Journal (Vol. 65, Issue 402, pp. 80–86).

Winjosastro, & dkk. (2014). Paket Pelatihan Asuhan Persalinan Normal. In JNPK-KR. JNPK-KR.

Downloads

Published

2022-07-13

How to Cite

romdiyah, Nugraheni, N. ., Chici Kurnia Putri, & Nur Alfiah. (2022). ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY P UMUR 20 TAHUN DI PUSKESMAS WATUMALANG. Maternity and Neonatal : Jurnal Kebidanan, 10(01). Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/jmn/article/view/1372