MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PRAKTIK MEMELIHARA/SERVIS SISTEM BAHAN BAKAR DIESEL DENGAN METODE TUGAS PROYEK DI KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN 2 OTOMOTIF

Authors

  • AHMAD DAWAM Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/jer.v9i1.789

Keywords:

Hasil belajar,, Metode Tugas Proyek

Abstract

Hasil belajar mata pelajaran produktif khususnya mata pelajaran Memelihara System Bahan Bakar Diesel (MSBD) di kelas XII Teknik Kendaraan Ringan 2 masih relative rendah. Untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik di bengkel bisa menggunakan metode ceramah atau menggunakan metode lain sehingga minat belajar peserta didik kurang memuaskan. Untuk itu pada pembelajaran ini menggunakan metode tugas proyek pada mata pelajaran pemeliharaan/Service Sistem Bahan Bakar Diesel kelas XII jurusan teknik kendaraan ringan 2 SMK Negeri 1 Tandun.  Tugas proyek ini disajikan agar para peserta didik memiliki pengetahuan dan ketrampilan kerja. Pada metode ceramah didapat hasil pembelajaran peserta didik kurang memuaskan, kenyataannya berdasarkan pengalaman sebagai pengajar praktik teknik otomotif di SMK Negeri 1 Tandun, ternyata hasil belajar praktik peserta didik masih rendah. Ini terlihat dari hasil ulangan peserta didik kelas XII Teknik Kendaraan Ringan Otomotif 2 pada semester ganjil tahun 2018-2019 pada kompetensi memelihara/servise Sistem Bahan Bakar Diesel yaitu dari 27 orang peserta didik hanya 12 orang (44%) yang memperoleh nilai diatas 75,00 (tuntas) yang diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) produktif yang ditetapkan. Sisanya 56% belum mampu mengusai tujuan pengajaran yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas XII teknik kendaraan ringan 2 SMK Negeri 1 Tandun dan terbagi menjadi dua siklus, dimana pada setiap siklusnya terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi, dan refleksi. Berdasarkan analisa data penelitian, diperoleh rata-rata peserta didik pada siklus 1 sebesar 64,81 % dan pada siklus 2 menjadi 81, 48 %. Ketuntasan belajar peserta didik juga meningkat yang sebelumnya sebesar 59,25% pada siklus 1 dan pada proses pembelajaran siklus ke 2 naik menjadi 81,11%. Dengan demikian rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus 1 sebesar 7,04 point dan meningkat pada siklus 2 sebesar 9,26 point. Dari hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa penggunaan metode tugas proyek dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII Teknik Kendaraan Ringan 2 SMK Negeri 1 Tandun, dan meningkatkan profesionalisme guru untuk terus mendidik anak bangsa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Gagne &Briggs. 1978. Principles of instructional Design, second edition. New york: Holt, Rinerhart and Winston.
Harianto, A. (2008). Peningkatan kualitas pembelajaran praktik pemeliharaan service engine dan komponen-konponennya dengan metode tugas proyek di kelas XI program keahlian teknik mekanik otomotif SMK Negeri 2 Sungai Penuh. PTK tidak diterbitkan
Nana Sudjana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
New Step 2, Mata Pelajaran Engine Group: PT Toyota Astra- Motor
Nolker, H dan Schoenfeldt (1983). Pendidikan Kejuruan, Pengajaran, Kurikulum, Perencanaan. Terjemahan dalam Bahasa Indonesia, Jakarta : PT Gramedia.
Prasetyo, F.B. 2016. Upaya peningkatan pengetahuan dalam sistem kopling dengan model tugas proyek dalam kerja kelompok peserta didik kelas xi jurusan teknik sepeda motor di SMK Negeri 8 purworejo. Skripsi. Pendidikan Teknik Otomotif. FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo
Semiawan, Conny dkk. (1987). Model tugas Ketrampilan Proses. Jakarta: PT Gramedia.
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Model tugas Praktek. Jakarta : Rineka
Training Center. National Service Devision: PT Toyota Astra- Motor

Downloads

Published

2020-06-29

How to Cite

DAWAM, A. (2020). MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PRAKTIK MEMELIHARA/SERVIS SISTEM BAHAN BAKAR DIESEL DENGAN METODE TUGAS PROYEK DI KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN 2 OTOMOTIF. Jurnal Edu Research, 9(1), 11–15. https://doi.org/10.30606/jer.v9i1.789

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.