PENGARUH SISTEM APLIKASI SISMIOP (SISTEM MANAJEMEN INFORMASI OBJEK PAJAK) DAN KINERJA APARATUR PAJAK TERHADAP PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI KABUPATEN ROKAN HULU

Authors

  • Aulia Fitri Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/cano.v4i1.691

Keywords:

Sismiop ; Kinerja Aparatur Pajak ; Penerimaan Pajak Bumi Dan Bangunan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Sistem Aplikasi SISMIOP (Sistem Manajemen Informasi Objek Pajak) terhadap penerimaan pajak bumi dan bangunan, menganalisis Kinerja Aparatur Pajak terhadap Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan, dan menganalisis Pengaruh Sistem Aplikasi SISMIOP ( Sistem Manajemen Informasi Objek Pajak) dan Kinerja Aparatur Pajak terhadap Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan. Penelitian ini dilakukan di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Rokan Hulu komplek perkantoran pemda jl. Tuanku tambusai pasir pengaraian. Sumber data pada penelitian ini adalah responden pegawai dan honorer pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Rokan Hulu dengan 72 sampel responden. Teknik analisa data yang digunakan berupa analisis deskriptif, uji validitas, uji realibitas,uji normalitas, multikolinieritas, heterokedastisitas,serta uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah Aplikasi SISMIOP berpengaruh signifikan terhadap Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan, Kinerja Aparatur pajak berpengaruh signifikan terhadap Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan dan Aplikasi SISMIOP. Saran-saran yang dikemukakan pada penelitian ini yaitu lebih meningkatkan sistem aplikasi sismiop dan kinerja aparatur pajak agar lebih fungsional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Boediono, B (2003). “Pelayanan Prima Perpajakan”. Rineka Cipta. Jakarta. 2007. Brotodihardjo. R. Santoso. “Pengantar Hukum Pajak cetakan ke-empat”. Rafika Aditama. Bandung.
Direktorat Jenderal Pajak (2008).”Layanan Informasi Pajak Bumi dan Bangunan” Direktorat Jenderal Pajak. Jakarta.
Erly Suandy (2005). Hukum Pajak. Edisi Tiga. Salemba Empat. Jakarta.
Furtwengler, Dale (2002). “Penilaian Kinerja”. Andi offset. Yogyakarta.
Husen, Sharifuddin. (2009). Analisis Sistem Manajemen Informasi Objek Pajak (SISMIOP) Untuk Peningkatan Potensi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan. Jurnal Manajemen dan Kiwirausahaan. Volume11:126-133.
Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor Kep - 115/Pj./2002 Tentang Perubahan Atas Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor : Kep-533/Pj/2000 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Pendaftaran. Pendataan Dan Penilaian Objek Dan Subjek Pajak Bumi Dan Bangunan (Pbb) Dalam Rangka Pembentukan Dan Atau Pemeliharaan Basis Data Sistem Manajemen Informasi Objek Pajak (Sismiop)
Mcleod, Raymond (2001). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta : PT. Prenhallindo
Pramono, Pangki. (2014). Peraturan PBB-P2.(http://pbbrokanhulu.blogspot.com/p/peraturan-pbb-p2.html). diakses 10 November 2019.
Pramono, Pangki. (2014). Peraturan PBB-P2.(http://pbbrokanhulu.blogspot.com/p/peraturan-pbb-p2.html). diakses 10 November 2019.
SE-60/DJP/2001“Petunjuk Pelaksanaan. Pendaftaran. Pendataan dan Penilaian Objek dan Subjek Pajak Pajak Bumi dan Bangunan dalam Rangka Pembentukan dan atau Pemeliharaan Basis Data Sistem Manajemen Informasi Objek Pajak SISMIOP)”. Direktorat Jenderal Pajak. Jakarta. 2001.
Siti Kurnia Rahayu (2010). Perpajakan Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Siti Kurnia Rahayu dan Ely Suhayati. (2010).Pengertian Pajak Bumi dan Bangunan. Bandung.
Siti Kurnia Rahayu. (2010). Sejarah Pajak Bumi danBangunan. Perpajakan Indonesia : Konsep &Aspek Formal.Bandung.
Widodo, Atim, Andreas Hendro Pupitadan Widodo. (2010). Pajak Bumi dan Bangunan Untuk Para Praktisi. Jakarta :Mitra Kencana Media
Veithzal, Rivai, dan Ella Jauvani. (2009). Manajemen Sumber Daya manusia untuk Perusahaan.PT RAJAGRAFINDO PERSADA.Jakarta
Wibowo. (2008).Manajemen Kinerja.PT grafindo Persada.Jakarta.

Downloads

Published

2015-02-13

How to Cite

Aulia Fitri. (2015). PENGARUH SISTEM APLIKASI SISMIOP (SISTEM MANAJEMEN INFORMASI OBJEK PAJAK) DAN KINERJA APARATUR PAJAK TERHADAP PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI KABUPATEN ROKAN HULU. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 4(1), 77–82. https://doi.org/10.30606/cano.v4i1.691

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.