PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, PERILAKU BELAJAR DAN GAYA MENGAJAR DOSEN TERHADAP PEMAHAMAN MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI

INDONESIA

Authors

  • Rifaldi Harahap Universitas Pasir Pengaraian
  • Nurhayati Universitas Pasir Pengaraian
  • Susanti Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/akpem.v5i1.1921

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasa Intelektual, Prilaku Belajar, Gaya Mengajar Dosen, dan Pemahaman Pengantar Akuntansi.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual,
kecerdasan intelektual, prilaku belajar, dan gaya mengajar dosen baik secara parsial maupun simultan terhadap
pemahaman mata kuliah Pengantar Akuntansi pada mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian. Metode yang
digunakan adalah metode survei. Teknik dalam penentuan sampel menggunakan proportionate stratified
random sampling. Sampel yang diperoleh yaitu 295 responden. Adapun teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini yaitu angket dengan menggunakan teknik analisis data regresi linier berganda, menggunakan
aplikasi SPSS 22.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, dan Gaya Mengajar
Dosen berpengaruh signifikan terhadap pemahaman mata kuliah Pengantar Akuntansi. Sedangkan Kecerdasan
Spiritual dan Prilaku Belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahaman mata kuliah Pengantar
Akuntansi. Secara simultan Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual, Prilaku
Belajar, dan Gaya Mengajar Dosen berpengaruh signifikan terhadap pemahaman mata kuliah Pengantar
Akuntansi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Amin, M. (2018). Filsafat Teori Akuntansi. In Unimma Press.

Baradja, L., 7 Oktaviani, A.A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ)

Mahasiswa Dan Metode Pengajaran Dosen Terhadap Pemahaman Akuntansi.

Jurnal Akuntansi Trisakti, 8(1), 41-50

https://doi.org/10.25105/jat.v8i1.8669

Disdikpora, A. (2014, November 04). Pentingnya Pendidikan Bagi Semua Orang.

Dipetik November 14, 2022, dari disdikpora: https://disdikpora.bulelengkab.go.id

Rachmahana, S.R. (2008). Psikologi Humanistik dan Aplikasinya Dalam Pendidikan.

Jurnal Pendidikan Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang,

(1),99–114.

Riswandi, P., & Lakoni, I. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan

Spritual Dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Pemahaman Mata Kuliah

Pengantar Akuntansi Dengan Perilaku Belajar Sebagai Variabel Moderasi Di PTN

Dan PTS Kota Bengkulu. Journal of Accounting Science, 1(2), 143–154.

https://doi.org/10.21070/jas.v1i2.972

Safitri, E. F. F. A. (2020). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan

Kecerdasan Spriritual Terhadap Pemahaman Mata Kuliah Pengantar Akuntansi (

Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Bengkulu ).

Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 160–170.

Sari, P. S., & Sartika, R. (2018). Pengaruh Prilaku Belajar, Gaya Mengajar Dosen dan

Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah

Pengantar Akuntansi. Jurnal Menara Ekonomi. IV(2), 39–49.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian kuantitatif, kaulitatif dan R&B. In Alvabeta.

Sukandi, P. (2018). Pengaruh Gaya Mengajar Dosen Mata Kuliah Kewirausahaan

Terhadap Minat Mahasiswa Berwirausaha. Seminar Nasional Dan Call for Paper

Sustainable Competitive Advantage (SCA), 1–9.

Kurniawan, A. K.T. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman

Pengantar Akutansi Mahasiswa Progam Studi Akutansi Universitas Ciputra. Jurnal

Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1, 667.

Wikipedia. (2022, 10 13). Pendidikan di Indonesia. Dipetik November 14, 2022, dari

wikipedia: https://id.wikipedia.org

Downloads

Published

2023-04-12

How to Cite

Rifaldi Harahap, Nurhayati, & Susanti. (2023). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, PERILAKU BELAJAR DAN GAYA MENGAJAR DOSEN TERHADAP PEMAHAMAN MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI : INDONESIA. AKPEM : Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Pemerintahan, 5(1). https://doi.org/10.30606/akpem.v5i1.1921

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 

You may also start an advanced similarity search for this article.