PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, PERILAKU BELAJAR DAN GAYA MENGAJAR DOSEN TERHADAP PEMAHAMAN MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI
INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.30606/akpem.v5i1.1921Keywords:
Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasa Intelektual, Prilaku Belajar, Gaya Mengajar Dosen, dan Pemahaman Pengantar Akuntansi.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual,
kecerdasan intelektual, prilaku belajar, dan gaya mengajar dosen baik secara parsial maupun simultan terhadap
pemahaman mata kuliah Pengantar Akuntansi pada mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian. Metode yang
digunakan adalah metode survei. Teknik dalam penentuan sampel menggunakan proportionate stratified
random sampling. Sampel yang diperoleh yaitu 295 responden. Adapun teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini yaitu angket dengan menggunakan teknik analisis data regresi linier berganda, menggunakan
aplikasi SPSS 22.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, dan Gaya Mengajar
Dosen berpengaruh signifikan terhadap pemahaman mata kuliah Pengantar Akuntansi. Sedangkan Kecerdasan
Spiritual dan Prilaku Belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahaman mata kuliah Pengantar
Akuntansi. Secara simultan Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual, Prilaku
Belajar, dan Gaya Mengajar Dosen berpengaruh signifikan terhadap pemahaman mata kuliah Pengantar
Akuntansi.
Downloads
References
Al Amin, M. (2018). Filsafat Teori Akuntansi. In Unimma Press.
Baradja, L., 7 Oktaviani, A.A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ)
Mahasiswa Dan Metode Pengajaran Dosen Terhadap Pemahaman Akuntansi.
Jurnal Akuntansi Trisakti, 8(1), 41-50
https://doi.org/10.25105/jat.v8i1.8669
Disdikpora, A. (2014, November 04). Pentingnya Pendidikan Bagi Semua Orang.
Dipetik November 14, 2022, dari disdikpora: https://disdikpora.bulelengkab.go.id
Rachmahana, S.R. (2008). Psikologi Humanistik dan Aplikasinya Dalam Pendidikan.
Jurnal Pendidikan Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang,
(1),99–114.
Riswandi, P., & Lakoni, I. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan
Spritual Dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Pemahaman Mata Kuliah
Pengantar Akuntansi Dengan Perilaku Belajar Sebagai Variabel Moderasi Di PTN
Dan PTS Kota Bengkulu. Journal of Accounting Science, 1(2), 143–154.
https://doi.org/10.21070/jas.v1i2.972
Safitri, E. F. F. A. (2020). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan
Kecerdasan Spriritual Terhadap Pemahaman Mata Kuliah Pengantar Akuntansi (
Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Bengkulu ).
Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 160–170.
Sari, P. S., & Sartika, R. (2018). Pengaruh Prilaku Belajar, Gaya Mengajar Dosen dan
Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah
Pengantar Akuntansi. Jurnal Menara Ekonomi. IV(2), 39–49.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian kuantitatif, kaulitatif dan R&B. In Alvabeta.
Sukandi, P. (2018). Pengaruh Gaya Mengajar Dosen Mata Kuliah Kewirausahaan
Terhadap Minat Mahasiswa Berwirausaha. Seminar Nasional Dan Call for Paper
Sustainable Competitive Advantage (SCA), 1–9.
Kurniawan, A. K.T. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman
Pengantar Akutansi Mahasiswa Progam Studi Akutansi Universitas Ciputra. Jurnal
Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1, 667.
Wikipedia. (2022, 10 13). Pendidikan di Indonesia. Dipetik November 14, 2022, dari
wikipedia: https://id.wikipedia.org