Pengaruh Profitabilitas, Opini Audit, Ukuran KAP Dan LamanyaPerusahaan Menjadi Klien KAP Terhadap Audit Delay Tahun 2015-2017

Authors

  • Lanjar Mulyani Universitas Pasir Pengaraian
  • Arma Yuliza Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/akpem.v1i2.198

Keywords:

ROA, ROE, Opini Audit

Abstract

Audit Delay merupakan rentan waktu yang dibutuhkan auditor untuk
menyelesaikan laporan audit atas laporan keuangan tahunan perusahaan diukur dari
tanggal berakhirnya tahun buku laporan keuangan hingga tanggal terbitnya laporan
auditor independen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, opini
audit, ukuran KAP, dan lamanya perusahaan menjadi klien KAP terhadap audit delay
tahun 2015-2017 (Studi pada 50 Most Active Stock By Tranding Volume). Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 48 perusahaan
dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan adalah
analisis kuantitatif yang diperuntukkan bagi data yang besar dan berwujud angka,
diantaranya analisis regresi logistik dan uji regresi linier berganda dengan bantuan
komputer melalui program IBM spss versi 20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ROA, ROE, dan lamanya perusahaan
menjadi klien KAP tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap audit delay, sedangkan
opini audit dan ukuran KAP memiliki pengaruh yang signifikan terhadap audit delay.
Hasil pengujian simultan menunjukkan bahwa ROA, ROE, opini audit, ukuran KAP, dan
lamanya perusahaan menjadi klien KAP secara simultan memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap audit delay.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Otoritas Jasa Keuangan. 2016. Peraturan Nomor: 29/POJK.04.2016. Tentang
Laporan Tahunan Emiten Atau PerusahaanPublik.
Laurencius, Wirmie, Netty. 2018. Perbandingan Pengaruh Ukuran Perusahaan,
Opini Audit, Profitabilitas, dan Reputasi KAP terhadap Audit Delay pada
Perbankan Konvensional dan Perbankan Syariah . Jurnal Riset Akuntansi dan
Keuangan. Vol 6. No 1.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Bandung.

Downloads

Published

2019-11-13

How to Cite

Mulyani, L., & Yuliza, A. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Opini Audit, Ukuran KAP Dan LamanyaPerusahaan Menjadi Klien KAP Terhadap Audit Delay Tahun 2015-2017 . AKPEM : Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Pemerintahan, 1(2), 1–5. https://doi.org/10.30606/akpem.v1i2.198

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.