ANALISIS DAMPAK KEBERADAAN PASAR KAGET TERHADAP KINERJA RUAS JALAN PAHLAWAN KERJA KOTA PEKANBARU

Authors

  • Siraj Al Hadif Shuhada Universitas Pasir Pengaraian
  • Khairul Fahmi Fahmi UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN
  • Rismalinda UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN

Keywords:

Pasar Kaget, Kinerja Ruas Jalan

Abstract

Pasar Kaget yang terletak di Jalan Pahlawan Kerja, Maharatu, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, merupakan salah satu pusat tarikan perjalanan, beroperasi setiap hari Rabu dan Sabtu mulai pukul 15.00 hingga 20.00WIB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kinerja lalu lintas dan mengetahui tingkat pelayanan pada ruas Jalan Pahlawan Kerja akibat adanya Pasar Kaget serta mencari alternatif untuk mengatasi masalahnya. Pelaksanaan penelitian ini dengan survei lalu lintas pada jam 13.00 – 21.00 WIB untuk hari pasar (Rabu, Sabtu) dan hari non (Kamis, Jumat) dilakukan selama 1 bulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa, jumlah kenderaan jenis Sepeda Motor yang tertinggi melintasi ruas jalan Pahlawan Kerja pada hari Sabtu (Pasar) yaitu 49.967 kendaraan/jam, sedangkan Jenis kendaraan ringan tertinggi tercatat pada hari Pasar (Sabtu), yaitu sebanyak 8.455 kendaraan/jam. Kendaraan berat pada hari non-pasar (Kamis) yaitu 178 kendaraan/jam. Tingkat pelayanan (Level Of Sevice) Jalan Pahlawan Kerja berada pada level C dengan Q/C DJ 0.55 pada pukul 18.00-19.00 WIB artinya arus lalu lintas stabil, tetapi kecepatan gerak kendaraan dikendalikan. Selain itu, pada hari pasar kecepatan arus kendaraan juga terganggu, sebaliknya di hari non pasar tidak terlalu terganggu. Beberapa solusi yang dapat dilakukan dengan penambahan rambu peringatan batas kecepatan 40 km/jam, penataan on street parking, menambah marka jalan dan membuat jalur masuk dan keluar yang strategis di dekat pasar.

 

 

Abstract

Pasar Kaget, which is located on Jalan Pahlawan Kerja, Maharatu, Marpoyan Damai District, Pekanbaru City, is one of the trip distibution, operating every Wednesday and Saturday from 15.00 to 20.00WIB. This research aims to determine the characteristics of traffic performance and determine the level of service on the Pahlawan Kerja road section due to the Pasar Kaget and look for alternatives to solving the problem. This research carried out a traffic survey at 13.00 – 21.00 WIB for market days (Wednesday, Saturday) and non-market days (Thursday, Friday) with a time for 1 month. The results of the research explain that the highest number of motorcycle crossing the Pahlawan Kerja road section on Saturday (Market) was 49,967 vehicles/hour, while the highest number of light vehicles was recorded on Market Day (Saturday), namely 8,455 vehicles/hour. Heavy vehicles on non-market days (Thursday) are 178 vehicles/hour. The level of service (LOS) on Pahlawan Kerja road is at level C with Q/C DJ 0.55 at 18.00-19.00 WIB, meaning that traffic flow is stable, but vehicle movement speed is controlled. In addition, on market days the speed of vehicle flow is disrupted. Meanwhile, on non-market days it is not too disturbed. Some solutions that can be implemented include adding signs warning of a speed limit of 40 km/hour, arranging on street parking, adding road markings and creating strategic entry and exit routes in front.

Downloads

Download data is not yet available.

References

J. Salintekal, S. ALdekalntalri, E. Nuraleni, D. Naljimuddin, alnd U. Salmalwal, “Terhaldalp Kinerjal ALrus Lallu Lintals Ruals Jallaln,” vol. 3, no. 2, pp. 1–7, 2021.

AL. Ralndal, K. Falhmi, alnd AL. Ralhmi, “Evallualsi kepaldaltaln lallu lintals di jallaln tualnku talmbusali desal ralmbalh tengalh utalral alkibalt on street palrking,” vol. 14, no. 1, pp. 1–7, 2022.

AL. F. Iscalhyono, T. P. ALuroral, alnd R. Desialnal, “Pengalruh ALktivitals Pedalgalng Kalki Limal Terhaldalp Tingkalt Pelalyalnaln Jallaln Di Jallaln Cikutral, Kotal Balndung,” Ge-STRALM J. Perenc. daln Rekalyalsal Sipil Vol., vol. 06, Nomor, no. September, pp. 112–118, 2023, [Online]. ALvalilalble: https://doi.org/10.25139/jprs.v6i2.6433

AL. ALRDIYALNSYALH, “ALNALLISAL PENGALRUH ALKTIVITALS PALSALR TRALDISIONALL TERHALDALP KINERJAL JALLALN (Studi Kalsus Paldal Ruals Jallaln Tualnku Talmbusali Desal Suralu Galding Kecalmaltaln Ralmbalh Salmo Kalbupalten Rokaln Hulu),” vol. 3, no. 1, 2024.

R. Halwinuti, “Pengalruh Keberaldalaln Palsalr Sungali Lulut Terhaldalp Kinerjal Jallaln Malrtalpural Lalmal KM. 05,” J. Graldalsi Tek. Sipil, vol. 2, no. 1, p. 10, 2018, doi: 10.31961/graldalsi.v2i1.540.

M. AL. AL. Malmun alnd M. Halsalnuzzalmaln, “ALnallisal Pengalruh ALktivitals Palsalr Terhaldalp Kinerjal Ruals Jallaln (Studi Kalsus Paldal Ruals Jallaln Palntali Malrdikal Kotal ALmbon),” Energy Sustalin. Dev. Demalnd, Supply, Convers. Malnalg., vol. 6, no. 2, pp. 1–14, 2020.

PKJI, “Kalpalsitals jallaln Lualr Kotal,” Pedomaln Balhaln Kontruksi balngunaln daln rekalyalsal sipil, no. 2014, pp. 28–29, 2014.

PKJI, “Kalpalsitals Jallaln Perkotalaln,” Pedomaln Kalpalsitals Jallaln Indones., pp. 1–63, 2014, [Online]. ALvalilalble: https://www.alcaldemial.edu/10405733/Finall_Dralft_Pedomaln_Kalpalsitals_Jallaln_Indonesial_Balb_2_Kalpalsitals_jallaln_perkotalaln

Downloads

Published

01-01-2025

How to Cite

[1]
S. A. H. Shuhada, K. F. Fahmi, and Rismalinda, “ANALISIS DAMPAK KEBERADAAN PASAR KAGET TERHADAP KINERJA RUAS JALAN PAHLAWAN KERJA KOTA PEKANBARU ”, jurnaltaxiway, vol. 4, no. 1, pp. 68–78, Jan. 2025.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.