Aplikasi Pembelajaran Sistem Tata Surya Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Multimedia (Studi Kasus Sdn 038 Tambusai Utara)

Authors

  • Pangeran Afdhol

DOI:

https://doi.org/10.61876/rjti.v2i1.2889

Keywords:

Aplikasi Media Pembelajaran, Adobe Animate, Multimedia.

Abstract

Pada saat ini kita berada pada zaman dimana smartphone dan internet sudah dipakai oleh semua orang, bahkan anak-anak yang masih dibawah umur. Namun, dampak negatif dari perkembangan zaman ini adalah anak-anak khususnya anak sekolah dasar tidak tertarik untuk menerima materi yang diberikan oleh para guru di sekolah. Karena pelajaran sistem tata surya / SAINS khususnya di SD Negeri 038 Tambusai Utara menjadi pelajaran yang tidak terlalu diminati oleh siswa, dikarenakan pembelajaran yang hanya menggunakan buku membuat siswa jadi mudah bosan dan malas untuk belajar. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan masalah ini adalah dengan membangun sebuah aplikasi pembelajaran. Aplikasi yang dibangun berisikan animasi perputaran planet, penjelasan planet, quiz, dan terdapat suara di tombol maupun di halaman aplikasinya. Aplikasi ini dapat membantu guru dan orang tua siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah maupun di rumah, dengan tampilan visual dari aplikasi yang menarik untuk anak belajar Sistem Tata Surya. Berdasarkan hasil perhitungan UAT menunjukkan persentase yang cukup tinggi yaitu 82,6% sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat diterima dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

[1]
P. Afdhol, “Aplikasi Pembelajaran Sistem Tata Surya Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Multimedia (Studi Kasus Sdn 038 Tambusai Utara)”, RJTI, vol. 2, no. 1, pp. 16–20, Mar. 2023.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.