Sistem Informasi Berkas Rutin Pada Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Rokan Hulu Berbasis Web ( Siberut ) (Studi Kasus Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Rokan Hulu)

Authors

  • Muhammad Ikhsan Al-Arrafi

DOI:

https://doi.org/10.61876/rjti.v2i1.2888

Keywords:

Sistem Informasi, Administrasi, MySQL, PHP.

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan pengumpulan dan penyimpanan data dengan lebih cepat, kapasitas yang lebih besar, dan harga yang lebih murah. Pada saat ini dalam aspek pelayanan administrasi berkas rutin di kantor Badan Pertanahan Nasional yang berada di Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu sudah berjalan secara komputerisasi, namun saat ini urusan menajemen administrasi masih bersifat manual dan berkesan tidak teratur, data arsip berkas rutin masih dilakukan secara manual, dalam hal membuat surat permohonan masyarakat harus datang ke kantor dan membutuhkan waktu yang lama, untuk itu diperlukan sebuah Sistem Informasi Berkas Rutin Pada Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Rokan Hulu Berbasis Web, sehingga sistem informasi berkas rutin ini dapat memudahkan masyarakat dalam mendaftar pelayanan permohonan berkas rutin tanpa datang ke kantor untuk melakukan pengisian formulir pendaftaran dan para petugas dikantor Badan Pertanahan Nasional pun mudah dalam melakukan pengarsipan dan tidak akan terjadi lagi kehilangan arsip berkas permohonan rutin tersebut.yang mana sistem ini akan dibangun menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL sebagai database. Berdasarkan pengujian User Acceptance Test (UAT) yang telah dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada 10 orang responden maka di dapat hasil persentase bahwa responden yang menjawab pertanyaan dengan jawaban Ya sebesar 69,0 %, Tidak sebesar 17,0 % dan Ragu – Ragu sebesar 5,0 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang telah dibangun dapat digunakan oleh pihak Badan Pertanahan Kabupaten Rokan Hulu dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

[1]
M. Ikhsan Al-Arrafi, “Sistem Informasi Berkas Rutin Pada Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Rokan Hulu Berbasis Web ( Siberut ) (Studi Kasus Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Rokan Hulu)”, RJTI, vol. 2, no. 1, pp. 11–15, Mar. 2023.

Issue

Section

Articles