Perancangan Sistem Informasi Pemilihan Siswa Berprestasi Menggunkan Metode Simple Adictive Weighting (SAW) (Studi Kasus SMA Negeri 1 Rambah)

Authors

  • Ruhullah Swiking A Rahman Universitas Pasir Pengaraian
  • Taufik Dwi Nanto Universitas Pasir Pengaraian
  • Rani Andiwi Universitas Pasir Pengaraian
  • Nikmah Universitas Pasir Pengaraian
  • Luth Fimawahib Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/rjti.v1i1.1229

Keywords:

penilaian siswa, Simple Adictive Weighting PHP, MySQL Sistem Pendukung Keputusan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah system pendukung keputusan(SPK) untuk memudahkan dalam pemilihan siswa berprestasi serta pemanfaatan Simple Adictive Weighting (SAW) sebagai metode kuputusannya.SMA Negeri 1 Rambah memiliki banyak prestasi mulai dari tingkat Kabupaten hingga Provinsi. Sekolah ini ingin memberikan predikat kepada siswa berprestasi yang memenuhi kriteria yang ada, tetapi pemilihan siswa berprestasi disini masih cenderung bersifat subyektif dan hanya dilihat berdasarkan aspek akademik saja, sehingga hasil keputusan yang diambil kurang adil bagi siswa lain yang memenuhi standar kriteria, Dengan demikian perlu dikembangkan keunggulan yang dimiliki oleh setiap siswa agar potensi yang dimiliki dapat dikonversi menjadi prestasi yang unggul.Metode yang digunakan adalah Simple Adictive Weighting(SAW) Sering disebut dengan metode penjumlahan berbobot. Komsep dasar metode ini adalah mencari penjunlahan berbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut. Kriteria yang menjadi penilian pemilihan siswa berprestasi di SMA Negeri 1 Rambah adalah keseniam, rangking, pengetahuan umum, matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Pengetahuan IT. Perhitungan tersebut akan diimplementasikan pada bahasa pemrograman PHP dan menggnakan database MySQL

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

[1]
R. . Swiking A Rahman, T. Dwi Nanto, R. . Andiwi, Nikmah, and L. . Fimawahib, “Perancangan Sistem Informasi Pemilihan Siswa Berprestasi Menggunkan Metode Simple Adictive Weighting (SAW) (Studi Kasus SMA Negeri 1 Rambah)”, RJTI, vol. 1, no. 1, pp. 9–17, Mar. 2022.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)