Aplikasi Pengarsipan Surat Keluar Masuk Dinas PUPR Berbasis Online (Studi Kasus Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Rokan Hulu)

Authors

  • Putri Rezky

DOI:

https://doi.org/10.61876/rjti.v2i1.2886

Keywords:

Aplikasi, Surat Keluar, Surat Masuk,

Abstract

Pengarsipan surat keluar masuk merupakan kegiatan operasional rutin yang dilakukan oleh setiap organisasi, terutama bagi instansi seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Rokan Hulu. Pengarsipan surat pada kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Rokan Hulu, kusus nya dibidang sekretarian masih diolah dengan cara maual yaitu masih mengisi kedalam buku besar dan menyimpan surat di lemari pengarsipan, sehingga menyulitkan dalam pencarian arsip surat yang lama atau yang dibutuh kan dan sering terjadi kehilangan arsip surat. Tujuan dari penulisan laporan magang ini untuk mencari solusi yang tepat agar pengarsipan surat keluar masuk pada bidang secretariat lebih efektif dengan membuat sebuah aplikasi, “ Aplikasi Pengarsipan Surat Keluar Masuk Dinas PUPR Berbasis Online” . pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL sedangkan perancangan dan analisis Model aplikasi mengunakan model DFD (Data Flow Diagram). Hasil dari pembuatan aplikasi “ Aplikasi Pengarsipan Surat Keluar Masuk Dinas PUPR Berbasis Online” ini sangat membantu dan mempermudah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang kusus nya dibidang secretariat dalam pengarsipan data surat keluar masuk.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

[1]
P. Rezky, “Aplikasi Pengarsipan Surat Keluar Masuk Dinas PUPR Berbasis Online (Studi Kasus Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Rokan Hulu)”, RJTI, vol. 2, no. 1, pp. 6–10, Mar. 2023.

Issue

Section

Articles