HUBUNGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN KOORDINASI MATA-TANGAN DENGAN KEMAMPUAN SMASH BOLA VOLI PADA TEAM ARSITEC UJUNG GURAB DESA RAMBAH HILIR TIMUR

Authors

  • darlisman UniversitaS Pasir Pengaraian
  • Made Armade
  • Ridwan Sinurat

Keywords:

Daya Ledak Otot Tungkai, Koordinasi Mata-Tangan, Smash

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi saat latihan bersama pada Team bola voli Arsitec Ujung Gurab, dari keseluruhan pemain yang mengikuti latihan hanya mayoritas beberapa pemain yang berhasil dalam melakukan gerakan smash seperti harapan pelatih. Hasil yang kurang maksimal tersebut disebabkan karena mayoritas pemain belum menghasilkan lompatan yang maksimal dalam melakukan smash dan belum dapat mengarahkan bola pada sasaran yang diinginkan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan Daya Ledak Otot Tungkai dan Koordinasi Mata-Tangan dengan Kemampuan Smash Bola Voli pada Team Arsitec Ujung Gurab. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pemain bola voli Arsitec Ujung Gurab yang berjumlah  12orang, dimana teknik pemilihan sampel pada penelitian ini yaitu total sampling,seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Instrumen penelitian dalam penelitian ini yaitu tes Daya Ledak Otot Tungkai menggunakan tes Vertical Jump, Koordinasi Mata-Tangan menggunakan tes Lempar Tangkap Bola dan tes Kemapuan Smash. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes dan pengukuran. Analisis data menggunakan teknik Korelasi Product Moment, dan dilanjutkan dengan Korelasi Ganda. Hasil Penelitian ini Menunjukkan: (1) Terdapat hubungan Daya Ledak Otot Tungkai denganKemampuan Smash Bola Voli Team Arsitec Ujung Gurab Desa Rambah Hilir Timur. (2) Terdapat hubungan Koordinasi Mata-Tangan dengan Kemampuan Smash Bola Voli Team Arsitec Ujung Gurab Desa Rambah Hilir Timur. (3) Terdapat hubungan Daya Ledak Otot Tungkai dan Koordinasi Mata-Tangan dengan Kemampuan Smash Bola Voli Team Arsitec Ujung Gurab Desa Rambah Hilir Timur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sutanto. T. 2016. Buku Pintar Olahraga. Yogyakarta: Perpustakaan Nasional. ISBN.
Anse. L. 2017. Hubungan Power Otot Tungkai dengan Kemampuan Tendangan Lurus Pencak Silat pada Club Perisai Putih Kabupaten Kolaka Timur. Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol. 16 (1): 47-56.
Hidayat. M. T. 2015. Peningkatan Kemampuan Pass Bawah dalam Permainan Bola Voli Melalui Latihan Pass Bawah Duduk Berdiri pada Bangku Dan Pass Bawah dengan Berjalan pada Siswa Kelas VI Sdn Tanggul Wetan 01 Jember. Pancaran, Vol. 4, No. 1, hal 153-16.
Iskandar. 2014. Hubungan Koordinasi Mata-Tangan dengan Servis Atas Bola Voli Mahasiswa Putra Penjaskes IKIP-PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Olah Raga, Vol. 3, No. 2, Halaman 146-155.
Muttaqin. I. Dkk. 2016. Pengembangan Model Latihan Smash Bola voli pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di Smpn 12 Malang. Pendidikan Jasmani, Volume 26, Nomor 02, Halaman 257-272.
Panduan Penulisan Skripsi. Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian Rokan Hulu. 2015.
Suarsana. I. M. Dkk. 2013. Pengaruh Latihan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Ketepatan Smash dalam Permainan Bola Voli Club Sigma Palu. E-Journal Tadulako Physical Education, Health And Recreation, Volume 1, Nomor 3 Halaman: 4-5.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional Pasal 1 Ayat 11.
Widiastuti. 2017. Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta.Perpustakaan Nasional.
Winarno. Dkk. 2013. Teknik Dasar Permainan Bola Voli. Malang. Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2020-12-26

How to Cite

darlisman, Armade, M., & Sinurat, R. (2020). HUBUNGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN KOORDINASI MATA-TANGAN DENGAN KEMAMPUAN SMASH BOLA VOLI PADA TEAM ARSITEC UJUNG GURAB DESA RAMBAH HILIR TIMUR. Journal Of Sport Education and Training, 1(2), 77–83. Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/joset/article/view/546

Most read articles by the same author(s)