HUBUNGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN KELINCAHAN DENGAN KECEPATAN LARI SPRINT 100 METER PADA SISWA KELAS X TEKNIK BISNIS SEPEDA MOTOR SMK NEGERI 1 RAMBAH

Authors

  • Zahra Humairoh Universitas Pasir Pengaraian
  • Masdi Janiarli Universitas Pasir Pengaraian
  • Ridwan Sinurat Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Daya Ledak Otot Tungkai, Kelincahan, Kecepatan Lari Sprint 100 Meter

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yang peneliti temui dilapangan yaitu masih lemahnya kondisi fisik siswa ini terlihat saat siswa melakukan lari kecepatan tidak stabil terkadang terlihat cepat terkadang terlihat lambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan daya ledak otot tungkai dan kelincahan dengan kecepatan lari sprint 100 meter pada siswa kelas X Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK Negeri 1 Rambah. Metode penelitian ini adalah penelitian korelasional yang dilakukan untuk mencari ada tidaknya variabel bebas mempengaruhi variabel terikat. Cara pengambilan data menggunakan tes dan pengukuran olahraga untuk daya ledak otot tungkai menggunakan tes standing broad jump, kelincahan menggunakan shuttle run dan untuk kecepatan lari sprint 100 meter menggunakan tes keterampilan atletik dengan melakukan praktek pelaksanaan lari sprint 100 meter langsung. Pengambilan  sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 20 sampel siswa kelas X Teknik Bisnis Sepeda Motor SMK Negeri 1 Rambah. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai korelasi daya ledak otot tungkai dengan kecepatan lari sprint 100 meter adalah 0,938, nilai korelasi kelincahan dengan kecepatan lari sprint 100 meter adalah 0,926, dan untuk nilai korelasi daya ledak otot tungkai dan kelincahan dengan kecepatan lari sprint 100 meter adalah 0,866. Jadi Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai dan Kelincahan dengan Kecepatan Lari Sprint 100 Meter berhubungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sinurat, R. (2018). Pengaruh Metode Latihan S-Curve Runs terhadap Peningkatan Kecepatan Lari 100 Meter Ditinjau dari Rasio Panjang Telapak Kaki dan Tinggi Badan. Jurnal Ilmiah Edu Research Vol, 7(1), 49.

Iswandi, F., & Purnomo, E. (2013). Hubungan Sprint dan Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Hasil Lompat Jauh gaya jongkok. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(4).

Putra A. M. (2018). Pengaruh Bentuk Latihan dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kecepatan Lari Atlet Sepakbola. Jurnal Ilmiah Edu Research Vol.5 No.1

Nurhayati, C. D. L. (2019). Analisis Gerak Nomor Lari Sprint 100 Meter Putra Cabang Olahraga Atletik (Studi Kasus Pada Usain Bolt Di Kejuaraan International Association Of Athletics Federation Berlin Tahun 2009). Jurnal Kesehatan Olahraga, 7(1)

Marzuki, I., & Wain, M. B. (2018). Hubungan Lari Sprint 100 Meter terhadap Prestasi Lompat Jauh Pada Siswa Putra Kelas V Sdk Larantuka 5 Tahun Pelajaran 2017/2018. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 3(3), 134-140.

Humaedi, H., & Brilin, A. S. (2017). Sumbangan Kelincahan dan Keseimbangan Dinamis terhadap Kemampuan Menggiring Bola dalam Permainan Futsal pada Mahasiswa Pjkr. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 5(1).

Rohman, S. (2015). Pengaruh Pelatihan Rope Jump Dengan Metode Interval Training Terhadap Kelincahan. Jurnal Kesehatan Olahraga, 3(2).

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta

Downloads

Published

2021-06-20

How to Cite

Zahra Humairoh, Janiarli, M., & Sinurat, R. (2021). HUBUNGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN KELINCAHAN DENGAN KECEPATAN LARI SPRINT 100 METER PADA SISWA KELAS X TEKNIK BISNIS SEPEDA MOTOR SMK NEGERI 1 RAMBAH. Journal Of Sport Education and Training, 2(1), 11–17. Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/joset/article/view/852

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>