RELEVANSI PELAYANAN AKADEMIS BERBASIS DIGITAL (SMART UPP) DENGAN KEPUASAN MAHASISWA

Authors

  • Aluwis Aluwis Universitas Pasir Pengarian
  • Ardo Yulpiko Putra Universitas Pasir Pengaraian
  • Faisal Asmen Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Kepuasan, Pelayanan, Akademis, Digital

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui gambaran kepuasan mahasiswa dalam mendapatkan pelayanan berbasis digital(SMAR UPP). Dan Untuk mengetahui hubungan antara pelayanan akademis berbasis digital(SMART UPP) dengan kepuasan mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah survey dengan pendekatan kuantitatif. Secara umum bagian metode penelitian kuantitatif berisi subbab: (1) pendekatan dan jenis penelitian, (2) populasi dan sampel, (3) instrumen penelitian, (4) teknik pengumpulan data, dan (5) analisis data. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan angkatan 2020 dan  angkatan 2021 yang berjumlah 105 orang. Hasil uji korelasi sederhana, untuk nilai signifikansi diperoleh nilai 0,003 (0,003<0,05). Hal ini berarti bahwa terdapat hubungan yang positif atau signifikan antara data variabel Pelayanan Akademik berbasis Digital (X) dengan variabel Kepuasan Mahasiswa (Y). Sedangkan untuk nilai R = 0.208 dan nilai koefisien determinasi R2( R Square)=0.047. hal ini meninjukkan indek determinasi, yaitu persentase yang menyumbangkan hubungan variabel Pelayanan Akademik berbasis Digital (X) dengan variabel Kepuasan Mahasiswa (Y) Nilai R2= 0.047 mengandung arti bahwa sebesar 4.7% sumbangan variabel Pelayanan Akademik berbasis Digital (X) dengan variabel Kepuasan Mahasiswa (Y), sedangkan sisanya (95.3%), kepuasan mahasiswa di pengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh melalui analisi di atas, maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut, bahwa: Pelayanan Akademik berbasis Digital (SMART UPP) memiliki hubungan yang berarti atau positif dengan kepuasan mahasiswa. Artinya semakin baik pelayanan akademik berbasis digital (SMART UPP) di kampus, maka akan semakin tinggi pula tingkat kepuasan mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aluwis, A., & Putra, R. Relevansi Empati Dengan Kepuasan Mahasiswa Dalam Mendapatkan Pelayanan Akademis. Journal of Education and Teaching, 3(2), 161-170.

AMELIA, R., Yuningsih, H., & Nurillah, I. (2022). PENYELESAIAN TUNGGAKAN UANG PENGGANTI OLEH TERPIDANA KASUS KORUPSI DI KEJAKSAAN NEGERI PALEMBANG (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Dewy Intan Wulandari., 2012. Analisis Kualitas Pelayanan Bank Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus di Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Bank Pemalang), dalam Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fandy Tjiptono. (2003). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Iksan., 2013. Kontribusi Kebijakan Pimpinan, Kompetensi Dosen, dan Pelayanan Karyawan Terhadap Mutu Internal Perguruan Tinggi dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Mahasiswa di PTM Bima, dalam Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Manajemen pemasaran edisi 13 jilid 2.

Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia nomor 49 tahun 2014 tentang standar nasional pendidikan tinggi

Pratama, F. D., & Asmoro, E. I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa (Studi Kasus Di Fakultas Teknik Prodi Teknik Industri Unisbank Semarang). Jurnal Ilmiah Dinamika Teknik.

Normasari, S. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan Survei Padatamu Pelanggan Yang Menginap Di Hotel Pelangi Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2).

Rahayu, S. (2005). Ekspektasi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Socia IV, (01).

Undang-undang nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi

Downloads

Published

2023-07-19

How to Cite

Aluwis, A., Putra, A. Y., & Asmen, F. (2023). RELEVANSI PELAYANAN AKADEMIS BERBASIS DIGITAL (SMART UPP) DENGAN KEPUASAN MAHASISWA. Journal Of Sport Education and Training , 4(1), 51–55. Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/joset/article/view/2026