Metode Focus Group Discussion (Fgd) Dan Games Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi

Authors

  • siti Chunaeni Poltekkes kemenkes semarang
  • Nuril Nikmawati Poltekkes Kemenkes Semarang
  • Sri Winarsih Poltekkes Kemenkes Semarang
  • Wahyu Joko Saputra Poltekkes Kemenkes Semarang
  • Ribkha Itha Idhayanti Poltekkes Kemenkes Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30606/jmn.v12i02.2674

Keywords:

FGD, Games, Adolescent knowledge, Reproductive Health

Abstract

Informasi  yang  benar tentang kesehatan reproduksi mengakibatkan  remaja memiliki sikap dan tingkah laku yang bertanggung jawab mengenai proses reproduksi sehingga terhindar dari perilaku free sex dan penyakit menular seksual mampu tumbuh menjadi remaja yang sehat, cerdas dan berkualitas. Metode pembelajaran kelompok kecil dengan Focus Grup Discusion (FGD) dan Games dengan teman sebaya diharapkan mampu meningkatkan informasi dan pengetahuan remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas metode Focus Grup Discusion (FGD) dan Games dengan teman sebaya terhadap pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi. Sampel penelitian ini adalah siswi remaja kelas VII. Metode penelitian  ini adalah  kuantitatif  dengan design pre-experimental pendekatan one group pretest posttest design, populasi 30 responden .teknik pengambilan sampel sampling non probability sampling dengan sampel jenuh 30 responden. Analisa univariate distribusi frekwensi dan analisa bivariate dependent t-test dengan skala data ratio diperoleh hasil adanya peningkatan pengetahuan pretest dan postest pengetahuan dengan nilai mean pretest 65,47 dan postest 79,03 dengan p value 0,000 sehingga ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudan pemberian penkes dengan metode FGD dan games pada teman sebaya. Diharapkan menggunakan metode FGD dan games untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Penulisan Hidayat, A. A. A. (2014). Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Ahmad, Mukhlisiana. 2020. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi. Bandung: Media Sains Indonesia.

Akbar, Hairil, Muhammad Qasim, Wuri Ratna Hidayani, Nyoman Sri Ariantini, Ramli, Ria Gustirini, Janner Pelanjani Simamora, Hasria Alang, Fitriah Handayani, and Aysanti Yuliana Paulus. 2021. Teori Kesehatan Reproduksi. edited by H. Marlina. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini

Badan Pusat Statistik, and Kementerian Dalam Negeri. 2021. Berita Resmi Statistik.

Hurlock, Elisabeth, B. (2012). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Indriyani, D., & Asmuji. (2014). Buku Ajar Keperawatan Maternitas. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Isnaeni, N. (2016). Peran Teman Sebaya dalam Pembentukan kepribadian Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2013 Dakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 2016 (Y. U. S. Kalijaga (ed.)).

Kusmiran, E. (2014). Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Jakarta: Salemba edika.

Lestari, T. (2015). Kumpulan Teori Untuk kajian Pustaka Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Mesra, E., & Fauziah. (2016). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Seksual Remaja. Jurnal Ilmiah Bidan, 1(2), 34–41.

Notatmodjo, S. (2018). Metodoogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pakpahan, M., Siregar, D., Susilawaty, A., Tasnim, Mustar, & Ramdany, R. (2021). Promosi Kesehatan & Perilaku Kesehatan. In Jakarta: EGC. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Priyoto. (2019). Teori Sikap dan Perilaku dalam Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Rahayu, A., Noor, M. S., Yulidasari, F., Rahman, F., & Putri, A. O. (2017). Buku Ajar Kesehatan Reproduksi dan Lansia. Surabaya: Airlangga University Press.

Sagita, R. (2020). The Effect of Peer Group and Religiosity on Early Marriage Motivation. 395(Acpch 2019), 192–194. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200120.040

Santrock, J. W. (2011). Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Cetakan Ke. Bandung: ALFABETA.

Sujarwo. (2012). Pedoman Konseling Teman Sebaya Untuk Pengembangan Resiliensi. Makalah Disajikan Dalam Seminar Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Yogyakarta.

Wawan, A., & Dewi, M. (2019). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Yunita, N. (2018). Faktor- faktor yang mempengaruhi kejadian kesehatan reproduksipada remaja putri di kecamatan gamping sleman yogyakarta. Naskah Publikasi Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

Pengaruh Metode Simulation Game (SIG) Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi Di Kecamatan Puyung

Downloads

Published

2024-07-14

How to Cite

Chunaeni, siti, Nikmawati, N., Winarsih, S., Saputra, W. J., & Idhayanti, R. I. (2024). Metode Focus Group Discussion (Fgd) Dan Games Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi. Maternity and Neonatal : Jurnal Kebidanan, 12(02), 321–327. https://doi.org/10.30606/jmn.v12i02.2674

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 

You may also start an advanced similarity search for this article.