KENDALA GURU IPS DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 EDIS REVISI DI SMP N 8 RAMBAH HILIR

Authors

  • Cicilia Melinda Universitas Pasir Pengaraian
  • Rina Ari Rohmah Universitas Pasir Pengaraian
  • Hasminar Hasminar Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Kurikulum 2013 edis revisi,, kendala guru.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakngi diberlakukanya kurikulum 2013 edisi revis di semua jenjang pendidikan baik sekolah menengah pertama dan yang lainya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaiamana kendala guru dalam menerapkan kurikulum 2013 edisi revisi di SMP N 8 Rambah Hilir, Populasi penelitian yaitu semua guru di SMP N 8 Rambah Hilir, sampelnya berjumlah 6 orang guru, jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatatif, dengan metode penelitian deskriptif. Hasil dari Penelitian ini adalah implementasi kurikulum 2013 di sekolah menegah pertama 08 Rambah Hilir kurang mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan dan memiliki beberapa kendala seperti kurang cukupnya waktu dalam proses pembelajaran, sarana dan prasarana yang kurang memadai, serta system penilaian yangkompleks yamg membutuhkan waktu yang banyak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Susanto. 2016. Teori belajar dan Pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta : Kencana.

Arif setya Pramono. 2021. Hubungan Profesionalisme dan Literasi guru dengan Implementasi kurikulum 2013.jurnal profesi keguruan, Vol 7, No, 2. 2021.

Cicilia Melinda. 2021. Strategi Pembelajaran Inkuiri dan kemampuan analisis siswa SMP. Yogyakarta : Bildung Pustaka utama.

Machrus salim dan Nila Mujtahidah. 2020. Penerapan Kurikulum 2013 revisi 2018 dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Idharoh, Vol, 4 No.1, 2020.

Numan Sumantri. 2001. Menggagas Pembaruan Pendidikan IPS. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Novia rizkia. Dkk. 2020. Analisis Evaluasi Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 terhadap pembelajaran kimia SMA. Jurnal Lanthanida, Vol, 8, No, 2. 2020.

Rudy gunawan. 2011. Pendidikan IPS, filosofi konsep dan aplikasi. Bandung : Alfabeta.

Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Seri II. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Nana Syaodih sukmadinata. 2017. Pengembangan kurikulum teori dan praktik. Bandung : Remaja Rosda karya.

UU RI Nomor 20 tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional.

Wina sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media.

Yudi Candra Hermawan. 2020. Dkk. 2020. Konsep kurikulum dan kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Mudarisuna, Vol, 10, No 1. 2020.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Melinda, C., Ari Rohmah, R., & Hasminar, H. (2022). KENDALA GURU IPS DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 EDIS REVISI DI SMP N 8 RAMBAH HILIR. Jurnal Edu Research, 11(1), 28–37. Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/edureseach/article/view/1578

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.