PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP N 3 TAMBUSAI TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Keywords:
discovery learning, hasil belajar, IPSAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP N
3 Tambusai. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran model discovery learning
terhadap hasil belajar IPS siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N
3 Tambusai. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 35 siswa dan kelas
VII B yang berjumlah 35 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group
desain. Instrument penelitian menggunakan instrument tes. Hasil pengujian hipotesis dengan
menggunakan rumus uji-t diperoleh data
Downloads
References
Handayani, T. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Discovery
Siswa Kelas VIII F SMP N 2 Ngemplak Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Jipsindo, Vol. 2, No.
2.
Haris, S. (2018). Penggunaan Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Pokok
Bahasan Sumber Daya Alam dan Kemaritiman Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kota
Ternate. Jurnal Penelitian Guru Bijak. Vol. 1, No. 1.
Laia, B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS dengan Topik Pelaku Ekonomi dalam Sistem
Perekonomian Indonesia. Jurnal Education and Development, Vol. 8, No. 1.
Lutfri, M. S. (2007). Metodologi Penelitian. Padang: Jurusan Biologi FMIPA.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovasif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media
Group.