BENTUK INTERAKSI SOSIAL ANTARA SUKU MELAYU DAN SUKU JAWA DI DESA MAHATO KECAMATAN TAMBUSAI UTARA KABUPATEN ROKAN HULU

Authors

  • Fitri Asria Universitas Pasir Pengaraian
  • Hardianto Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Interaksi Sosial, Suku Melayu, Suku Jawa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk interaksi sosial antara suku Melayu dan suku Jawa di Desa Mahato Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan suatu data secara sistematis sehingga akan lebih mudah dipahami. Populasi dari penelitian ini masyarakat Suku Melayu dan Suku Jawa di Desa Mahato. Sampel dalam penelitian ini adalah Kepala Desa, Kepala Dusun, dan masyarakat Desa Mahato. Teknik pengambilan informan pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi bentuk interaksi sosial antara masyarakat Suku Melayu dan Suku Jawa di Desa Mahato Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu yaitu berupa akomodasi, asimilasi, akulturasi, kompetisi, konflik, dan kontraversi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arzika, Lis Ria dan Romika Rahayu. 2020. Bentuk Interaksi Sosial Masyarakat Pribumi Dengan Masyarakat Pendatang Di Desa Tambusai Utara. Jurnal Bakoba. Vol 1. No 1. doi 10.30606/bjpi.v01i01.

Basrowi. 2015. Pengantar Sosiologi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hidayah, Zulyani. 2015. Ensiklopedi Suku Bangsa di Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta.: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Soekanto, Soerjono. 1990. Sosiologi Suara Pengantar. Bandung: Raja Grafindo Persada.

. 2012. Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

. 2015. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Sujarwanto, Imam. 2012. Interaksi Sosial Antar Umat Beragama (Studi Kasus Pada Masyarakat). Karangmalang Kedungbanteng Kabupaten Tegal. Journal of Educational Social Studies Vol.1.

Downloads

Published

2021-08-18

How to Cite

Fitri Asria, & Hardianto. (2021). BENTUK INTERAKSI SOSIAL ANTARA SUKU MELAYU DAN SUKU JAWA DI DESA MAHATO KECAMATAN TAMBUSAI UTARA KABUPATEN ROKAN HULU. Bakoba : Journal of Social Science Education, 1(2), 104–112. Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/bakoba/article/view/1032