EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE FORM UNTUK UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Desi Armi eka Putri Universitas Mahaputra muhammad yamin
  • lidya elvina

Keywords:

efektivitas, gooogle form

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang terjadi dalam bidang pendidikan. Banyaknya tenaga pendidik yang sudah menerapkan Google form sebagai media penilaian hasil belajar siswa membuat peneliti ingin melakukan penelitian tentang efektifitas penggunaan Google form pada ujian tengah semester di SMP Negeri 4 Kubung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan Google form untuk ujian tengah semester dan pendapat siswa tentang penggunan Google form pada ujian. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket yang disebar secara online menggunakan Google form kepada responden. Hasil penelitian ini secara ringkas dapat disimpulkan penggunaan Google form tidak terlalu sulit digunakan oleh siswa serta mudah dalam menjawab pertanyaan, dari segi waktu yang digunakan lebih fleksibel dan menghemat waktu, siswa berpendapat penggunaan Google form menyenangkan dan meningkatkan kemampuan siswa dalam memakai tablet atau komputer, siswa lebih puas dalam penggunaan Google form karena lebih efektif dari pada kertas soal.

Kata kunci: Efektifitas, Google form

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka

Akbar, A., & Noviani, N. (2019, July). Tantangan dan solusi dalam perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Husein, H. (2016). Penggunaan Google form sebagai alat penilaian kinerja Dosen di Prodi PGMI UNISKA MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 40–50.

Lestari, W. I., & Putra, E. D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Pemberian Tugas Google Form Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.379

Purba, R. A., Tamrin, A. F., Bachtiar, E., Makbul, R., Rofiki, I., Metanfanuan, T., ... & Ardiana, D. P. Y. (2020). Teknologi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Safii, I. (2021). Efektivitas Evaluasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Aplikasi Google form. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 20(2), 151-156

Samsiadi, S., & Humaidi, M. N. (2022). Efektivitas Google form Sebagai Media Penilaian Dan Evaluasi Pembelajaran Pai Di Smk Negeri 1 Berau Kaltim. Research and Development Journal of Education, 8(2).

Santoso, S. (2019). Mahir statistik parametrik. Elex Media Komputindo.

Septiawan, F. (2020). Efektivitas penggunaan Google form dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor di SMK Negeri 1 Koba. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 7(2), 129-135.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta

Utami, L. W. S. (2021). Penggunaan Google form dalam evaluasi hasil belajar peserta didik Di masa pandemi c0vid-19. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 150-156.

Wisudariani, Ni Made. (2016). Developing DIT and Reflection Assessment Model for the Teaching of Speaking Containing Character Values. Journal of Education and Social Sciences, 5(2), 104-109.

Downloads

Published

2022-11-28

How to Cite

Desi Armi eka Putri, & lidya elvina. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE FORM UNTUK UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Bakoba : Journal of Social Science Education, 2(2). Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/bakoba/article/view/1574