PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 KOTA SOLOK

THE EFFECT OF PEOPLE FRIENDS ON STUDENTS' LEARNING INTEREST CLASS VIII AT SMP NEGERI 5 KOTA SOLOK

Authors

  • Desi Armi Eka Putri Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Dewi Ariani Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

Keywords:

Teman sebaya, minat belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya pengaruh  teman sebaya terhadap minat belajar peserta didik Kelas VIII di  SMP Negeri 5 Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Solok, yaitu sebanyak  143 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Random sampling dengan perhitungan teknik Solvin, yang di ambil dari siswa kelas VIII di  SMP Negeri 5 kota Solok, yang berjumlah 223 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi liner sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan singifikan antara teman sebaya terhadap minat belajar dimana diperoleh thitung > ttabel = yaitu(7,058 > 1.65589).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ilham Budisantoso. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar Pendidikan Orang Tua, dan Teman Sebaya terhadap Minat Melanjutkan Perguruan Tinggi Bagi Siswa Kelas Xi SMA Negeri 2 Klaten Tahun Ajaran 2015/2016. Vol 6.

Noor Erma dkk. 2014. Hubungan Antara Sikap, Minat, Pengajaran Guru dan Pengaruh Rakan Sebaya terhadap Pencapaian Matematika Tambahan Tingkatan 4. Vol 2.

Rega Afriana. 2018. Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Minat Belajar Siswa. http://regaafriana.blogs.uny.ac.id/wpcontent/uploads/sites/15504/2017/10/Pengaruh-Kompetensi-Kepribadian-Guru Terhadap-Minat-Belajar-Siswa.pdf

Siregar, Syofian. 2014. Statistik Parametik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syafrida Elsa dkk. 2013. Sikap Guru terhadap Pendidikan Inklusi Ditinjau Dari Faktor Pembentukan Sikap. Vol 2.

Yanus Nap. 2016. Pengaruh Relasi Sebaya terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Sd Gugus 3 Sewon Bantul. Vol 7.

Downloads

Published

2022-03-01

How to Cite

Desi Armi Eka Putri, & Dewi Ariani. (2022). PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 KOTA SOLOK: THE EFFECT OF PEOPLE FRIENDS ON STUDENTS’ LEARNING INTEREST CLASS VIII AT SMP NEGERI 5 KOTA SOLOK. Bakoba : Journal of Social Science Education, 2(1), 122–126. Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/bakoba/article/view/1214