PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 KOTA RAYA KECAMATAN KUNTO DARUSSALAM
DOI:
https://doi.org/10.30606/bakoba.v4i02.3130Keywords:
Hasil Belajar,, Model Pembelajaran Picture and Picture, Model PembelajaranAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Raya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture. Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 121 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C dan VIII B yang berjumlah 59 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data nilai Pre-Test dan Post-Test berdistribusi normal dan varians nya homogen. Rata-rata nilai PreTest kelas eksperimen adalah 58,16 dan kelas kontrol 47,72. Rata-rata nilai post-test kelas eksperimen 82,7 dan kelas kontrol 56. Hasil penelitian dihitung dengan menggunakan rumus t-test dengan hasil > = 10,043 >1,672, yang artinya terdapat pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Raya. Saran dalam penelitian ini, bagi sekolah Model Pembelajaran Picture and Picture dapat digunakan sebagai informasi bagi sekolah, karena sekolah dapat melaksanakan model, metode dan strategi pembelajaran yang dapat menigkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Aisy, MR, & Ismah. 2020. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap kemampuan berfikir kreatif matematika materi.
FIBONANCCI, 7(2), 85–90.
Agung, Anak Agung Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan.Singaraja :Undiksha.
Al-Tabany,Trianto Ibnu Badar.2015. Mendesain Model Pembelajaran yang Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta : Prenadamedia Group.
Daryanti, D., & Taufina, T. (2020) Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penggunaan gambar dan gambar atau yang dikenal dengan model pelajaran picture anad picture terhadap hasil belajar siswa kelas VIA SD El-Maarif Pasaman Barat Â.
Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. R., & Ganing, N. N. 2019. Pengaruh model pembelajaran picture and picture berbantuan media visual terhadap keterampilan menulis bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278285.
Fatimah, Soewarno, Suci. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Indonesiaku, Bangsa Yang Berbudaya Kelas V Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 1 Nomor 2,19-25.
Fauziah, Tati, Yoserizal Bermawi. 2014. Penerapan model kooperatif tipe gambar dan gambar pada materi peninggalan sejarah disekolah dasar negeri banda aceh. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) JURNAL PESONA DASAR Universitas Syiah Kuala Vol. 2 No.3, hal 79-87
Habibi, Y., & Adnan, MF 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture terhadap Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu , 5 (5), 3399-3412.
Huda, MM, & Gunansyah, G. 2018. Kelas Layanan Khusus, Program Sekolah Dasar untuk Anak
Jalanan. Jurnal Internasional Ilmu Pendidikan dan Penelitian, 8(3), 147–156.
Handayani, Ni Made Dwi, Ni Nyoman Ganing, Ni Wayan Suniasih. 2017. Model Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Audio-Visual Jurnal Teknologi Pendidikan. Jil. 1 No. (3) hal. 176-182
Huda, Miftahul.2013. Model-model Pembelajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Husein, Latifah. 2017. Profesi Keguruan Menjadi Gurus Profesional. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Istanti, Andriana Wahyu, HA Triwidjaja. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture
Pada Pembelajaran IPA Anak Tunagrahita SDLB. JURNAL P3LB, VOLUME 1, NOMOR 2, HAL 169-174.
Lokat, Y. T., Bano, V. O., & Enda, R. R. H. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa. Binomial, 5(2), 126-135.
Melinda, 2018; 42 Pengaru model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil belakrPeserta
Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Semester Gasal Yogyakarta Tahun Ajaran
/2017. Yogyakarta: Skripsi
Pratiwi, N., & Aslam, A. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3697-3703.
Paramita, N. M. A. S. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berorientasi Pendidikan Karakter Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa kelas V. Journal of Education Technology, 3(1), 1-5.
Praseptia, D., & Zulherman, Z. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap
Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3018-3025.
Prihatiningsih, E., & Setyanigtyas, E. W. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Model Make A Match
Terhadap Hasil Belajar Siswa. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 1-14.
Ramadhani, SA, & Rukmana, D. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Quizizz-Assisted Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Gagasan: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya , 8 (3), 937-944.
Septaningsih, S., Yulina, H., & Sudirman,
A. 2018. Pengaruh Model
Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar , 6 (12).
Sukmawati, NI, Dantes, N., & Dibia, IK 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Picture dan Picture terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar PGSD Undiksha , 7 (3).
Setiawan,2018:6. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2016.