PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII DI SMPN 2 BANGUN PURBA

Authors

  • Ayu Gustin Universitas Pasir Pengaraian
  • Welven Aida Universitas Pasir Pengaraian
  • Hardianto Hardianto Universitas Pasir Pengaraian
  • Ridho Harapan Bunda Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/bakoba.v4i1.3127

Keywords:

Hasil Belajar IPS,, Model Pembelajaran Mind Mapping, Model Pembelajaran

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini yaitu Guru kurang bervariasi dalam menentukan model pembelajaran sehingga siswa cenderung merasa jenuh dan kurang termotivasi sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang masih rendah pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII Di SMP N 2 Bangun Purba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa VIII SMP N 2 Bangun Purba. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA yang berjumlah 27 orang siswa dan siswa kelas VIIIB yang berjumlah 28 orang siswa. Desain penelitian ini menggunakan pretest dan posttest dengan dasar pengambilan Ho ditolak apabila thitung > ttabel dan diterima Ha apabila t hitung >  ttabel. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test diperoleh data thitung   3,09  > 1,683. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Bangun Purba tahun pembelajaran 2023/2024.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. 2013. Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jakarta : RinekaCipta

Alamsyah, Maurizal. 2009. Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi dengan Mind Mapping. Jogjakarta: Mitra Pelajar.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Buzan, T. 2013. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Chandramica, F. P., Surahman, M., & Taruna, R. M. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1).

Firdaus, W. 2010. Uji coba Metode Mind Mapping

Marhennisma, R. D. A. P., & Yusuf, S. M. 2022. Pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis Mind Mapping dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia,2(2).

Poyk, D. (2023). Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas XII IPS SMA NEGERI KAPAN. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(11), 4439-4452.

Ricardo, & Meilani, R. I. 2017. Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol.1, No.1. Hal 90. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdikarya.

Sumantri, Numan. 2001. Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung : Rosda Karya.

Sundayana, R. 2016. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung Alfabeta

Swadarma, Doni.2013. Penerapan Mind Mapping Dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Percetakan PT Gramedia

Trianto.2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Warseno, Agus dan Ratih, Kumorojati. 2011. Super Learnin. Yogyakarta : Diva Press.

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Gustin, A., Aida, W., Hardianto, H., & Harapan Bunda, R. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII DI SMPN 2 BANGUN PURBA. Bakoba : Journal of Social Science Education, 4(1), 53–63. https://doi.org/10.30606/bakoba.v4i1.3127

Most read articles by the same author(s)