PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII DI SMPN 2 BANGUN PURBA
DOI:
https://doi.org/10.30606/bakoba.v4i1.3127Keywords:
Hasil Belajar IPS,, Model Pembelajaran Mind Mapping, Model PembelajaranAbstract
Latar belakang dalam penelitian ini yaitu Guru kurang bervariasi dalam menentukan model pembelajaran sehingga siswa cenderung merasa jenuh dan kurang termotivasi sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang masih rendah pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII Di SMP N 2 Bangun Purba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa VIII SMP N 2 Bangun Purba. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA yang berjumlah 27 orang siswa dan siswa kelas VIIIB yang berjumlah 28 orang siswa. Desain penelitian ini menggunakan pretest dan posttest dengan dasar pengambilan Ho ditolak apabila thitung > ttabel dan diterima Ha apabila t hitung > ttabel. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test diperoleh data thitung 3,09 > 1,683. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Bangun Purba tahun pembelajaran 2023/2024.
Downloads
References
Abdurrahman, M. 2013. Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jakarta : RinekaCipta
Alamsyah, Maurizal. 2009. Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi dengan Mind Mapping. Jogjakarta: Mitra Pelajar.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Buzan, T. 2013. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Chandramica, F. P., Surahman, M., & Taruna, R. M. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1).
Firdaus, W. 2010. Uji coba Metode Mind Mapping
Marhennisma, R. D. A. P., & Yusuf, S. M. 2022. Pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis Mind Mapping dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia,2(2).
Poyk, D. (2023). Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas XII IPS SMA NEGERI KAPAN. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(11), 4439-4452.
Ricardo, & Meilani, R. I. 2017. Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol.1, No.1. Hal 90. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdikarya.
Sumantri, Numan. 2001. Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung : Rosda Karya.
Sundayana, R. 2016. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung Alfabeta
Swadarma, Doni.2013. Penerapan Mind Mapping Dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Percetakan PT Gramedia
Trianto.2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Warseno, Agus dan Ratih, Kumorojati. 2011. Super Learnin. Yogyakarta : Diva Press.