KENDALA-KENDALA GURU IPS DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP SEKECAMATAN RAMBAH

Authors

  • Anggitia Hardana Universitas Pasir Pengaraian
  • Hardianto Hardianto Universitas Pasir Pengaraian
  • Welven Aida Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/bakoba.v4i02.3129

Keywords:

Kendala-Kendala Guru,, Kurikulum Merdeka, Kurikulum

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masalah kendala-kendala guru IPS dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar di SMP se Kecamatan Rambah. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kendala-kendala guru IPS dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar di SMP se Kecamatan Rambah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deksriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru IPS tingkat SMP di se Kecamatan Rambah. Informan penelitian yang digunakan berjumlah 7 orang dengan teknik purposive sampling. Kendala-kendala guru IPS dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar yaitu kurangnya ketersediaan sumber daya (fasilitas, wifi, referensi, kurangnya tersedia infratruktur dan teknologi), kurangnya pemahaman para guru karena perangkat pembelajaran yang berubah, keterbatasan siswa yang kurang aktif dalam penerimaan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka belajar, keterbatasan saran dan prasarana, manajemen waktu yang kurang maksimal sehingga membuat tidak efesiennya proses penerapan kurikulum merdeka belajar. Dikecamatan Rambah terdapat 14 sekolah menengah pertama, 2 sekolah yang baru menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar yaitu SMPN 1 Rambah dan SMPN 2 Rambah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basri, W., & Rahmi, T. S. (2023). Kendala Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPS Tingkat Sekolah Menengah Pertama ( SMP ). Moral and Civic Education, 7(1), 1–16.

Daga, Agustinus Tangu. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Selama Pandemic Covid 19 Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 10. No. 4.

Darise, G. N. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Sebagai Solusi Alternatif Pendidikan Di Indonesia Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(2), 41.

Deni, H. (2022). Kurikulum Merdeka dan Paradigma Pembelajaran Baru(V. Renika (ed.)). Penerbit Yrama

Fitriyah dkk. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Sekolah Dasar. Vol. 12. No. 3.

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar.Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243.

Huberman, Michael. (2012). Qualitative Data Analysis. Jakarta : IU Press.

Ihsan, M. (2022). Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Seri Publikasi Pembelajaran, 1, 37.

Iqbal Muhammad, dkk. (2022). Kurikulum Dan Pendidikan. Jurnal Pendidikan. Vol. 10. No. 2.

Kasmawati. (2021). Persepsi Guru Dalam Konsep Pendidikan (Studi Pada Penerapan Merdeka Belajar Di SMA Negeri 5 Takalar).

Kasmawati. (2021). Persepsi Guru Dalam Konsep Pendidikan. Jurnal Pendidikan. Vol. 1 No. 2

Kepmendikbudristek No. 56. Tahun. (2022). Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka).

Moeleong. (2007). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nur Alisa, Putri Nurwita. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan. Vol. 01. No. 01

Nurul Insani Putri Dkk. (2023). Hambatan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Proses Pembelajaran di SD Negeri 3 Brosot. Indonesian Journal of elementary Education. Vol 5 No.

Perdana, M. Y. (2021). Persepsi Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Terhadap Merdeka Belajar di Sekolah Dasar se-Kapanewon Tepus. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Perdana. M. Y. (2021). Persepsi Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Terhadap Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar Se Kapanewon Tepus. Jurnal Pendidikan. Vol 1. No. 4

Pratiwi Bernadetta Purba, R. S. S., Dewi Suryani Purba, Atep Iman, S. P., Sri Rezeki Fransiska Purba, E. S., & Rani Rahim, Dina Chamidah, Janner Simarmata, B. P. (2021).

Puspita Sari Aisyah, Dkk. (2023). Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Di SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Vol. 8. No. 2.

Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung : Rosda Karya.

Sasmita dkk. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling. Vol. 4. No. 20.

Sasmita, E., & Darmansyah. (2022). Analisis Faktor-faktor Penyebab Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 5545–5549.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sumantri, Numan. (2001). Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung : Rosda Karya.

Supardi. (2011). Dasar-dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Ombak.

Susetyo s. (2022). Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Fkip Universitas Bengkulu. Jurnal Pendidikan. Vol. . No. 1.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya Dalam KTSP. Jakarta : Bumi Aksara.

Widya.Endhes Isthofiyani, S., Priyono Budi Prasetyo, A., &Sukaesih Jurusan Biologi, S. (2014). Persepsi Guru Biologi Sekolah Menengah Atas (SMA) Terhadap Kurikulum 2013. Unnes Journal of Biology Education, 3(1), 50229.

Widyastuti, A. (2020). Persepsi Guru Tentang Konsep Merdeka Belajar Mendikbud Nadiem Makarim Dalam Pendidikan Agama Islam Di Mts Negeri 3 Sleman. Jurnal Pendidikan. Vol 1. No 2.

Widyastuti, A. (2020). Persepsi Guru Tentang Konsep Merdeka Belajar Mendikbud Nadiem Makarim Dalam Pendidikan Agama Islam Di Mts Negeri 3 Sleman. Skripsi, 1–128.

Windayanti. (2023). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Jurnal Of Education. Vol. 6. No. 1.

Yaelasari Mila Dkk. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Cara Belajar Siswa Untuk Semua Matapelajaran. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 3. No 7.

Yaelasari, M., & Yuni Astuti, V. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Cara Belajar Siswa Untuk Semua Mata Pelajaran (Studi Kasus Pembelajaran Tatap Muka di SMK INFOKOM Bogor). Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(7), 584–591.

Yesika, P. I. (2022). Kesiapan dan Kendala Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Penggerak Se-Kota Padang. In Skripsi. Universitas Negeri Padang.

Yuda, P. (2023). Pentingnya Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Lembaga Raudhatul Athfal Di Jatiluhur Purwakarta. Jurnal Pendidikan. Vol. 3. No. 2

Yudha, P., Latifah, I., Simarmata, J., Septiani, Y., & Isrofah. (2023). Pentingnya Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Lembaga Raudhatul Athfal di Jatiluhur Purwakarta. Peradaban Masyarakat, 3(2), 55–60.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Hardana, A., Hardianto, H., & Aida, W. (2024). KENDALA-KENDALA GURU IPS DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP SEKECAMATAN RAMBAH. Bakoba : Journal of Social Science Education, 4(02), 83–89. https://doi.org/10.30606/bakoba.v4i02.3129

Most read articles by the same author(s)