MESIN PENCACAH PERANCANGAN MESIN PENCACAH PELEPAH SAWIT UNTUK PAKAN TERNAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE DFMA (DESIGN FOR MANUFACTURE ANDASSEMBLY)

PELEPAH

Authors

  • pul anwar upp
  • M. Yunan Nasution

DOI:

https://doi.org/10.30606/aptek.v13i1.498

Keywords:

Mesin Pencacah; Pelepah Kelapa Sawit; Pakan Ternak.

Abstract

Mesin pencacah pelepah sawit merupakan alat untuk mencacah pelepah sawit yang digunakan sebagai pakan ternak khususnya sapi dan mengurangi sampah bekas panenen pelepah sawit. Penyediaan pakan ternak merupakan suatu permasalahan yang harus segera dapat diatasi, seperti hamparan rumput untuk diarit sudah terbatas,  waktu yang banyak dan tenaga yang lebih besar karena harus di arit/potong lalu  (dikumpulkan) dari desa lain yang cukup jauh dari lokasi peternakan. Salah satu cara untuk mengatasi ketersediaan pakan tersebut adalah dengan adanya mesin pencacah  pelepah kelapa sawit. hasil proses cacahan  pelapah kelapa sawit yang dicampur dengan unsur konsentrat  merupakan salah satu jenis pakan yang di sukai ternak sapi, bahkan dapat menggemukkan sapi. tujuan khusus peneliti ini adalah untuk merancang dan nantinya dapat membuat alat pencacah pelapah kelapa sawit, yang murah dan effisien, dengan menggunakan metode DFMA, Tahapan metode penelitian pertama melalui interview langsung kepada calon pengguna alat yang peneliti akan rancang. Ke-2: Setelah mendapat masukan dan data dari hasil interview calon pengguna, peneliti akan mencoba men-sket. Ke-3: peneliti akan mencari referensi dari internet baik itu dari jurnal maupun dari perusahaan yang menjual produk ini,  Ke-4: Peneliti kembali meng interview kepada colon pengguna dengan membandingkan yang didapat dari internet.  Ke-5: Memikirkan masukan~masukan  bentuk desain, material, dan lain~lain. agar hasil penelitian lebih sempurna. Ke-6: setelah ditemukan bentuk baik masih berupa sket atau desain lalu digambar menggunakan software Autodesk Inventor. Luaran yang ditargetkan nantinya adalah sebuah rancangan alat pencacah kelapa sawit, yang lengkap dan detail dan siap untuk dibangun atau dibuat, menjadi produk. Uraian TKT penelitian yang diusulkan asumsi dan hukum dasar yang akan digunakan pada teknologi, Studi literatur tentang prinsip dasar teknologi, Formulasi hipotesis penelitian sudah mendekati sempurna, tetapi untuk Karakterisasi komponen teknologi yang akan dikembangkan belum sepenuhnya  dikuasai dan dipahami.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-09

How to Cite

anwar, pul, & Nasution, M. Y. . (2021). MESIN PENCACAH PERANCANGAN MESIN PENCACAH PELEPAH SAWIT UNTUK PAKAN TERNAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE DFMA (DESIGN FOR MANUFACTURE ANDASSEMBLY): PELEPAH. Aptek, 13(1), 14–20. https://doi.org/10.30606/aptek.v13i1.498

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.