PENGARUH KONTEN KREATOR, HARGA, CITRA MEREK DAN GRATIS ONGKIR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TIKTOK SHOP
Keywords:
Creator Content, Price, Brand Image, Free Shipping, Purchase DecisionAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Konten Kreator, harga, citra merek dan gratis ongkir tehadap keputusan pembelian mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian Fakultas Ekonomi di TikTok Shop. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 responden mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian Fakultas Ekonomi. Pengambilan sampel menggunakan non probability sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software komputer SPSS 23 for Windows. Hasil penelitian dari regresi linier berganda Y= 1,769-0,042 X1-0,041 X2 + 0,083 X3+0,956 X4. Pada koefisien determinasi diperoleh nilai R square sebesar 0,881 , hasil penelitian dari uji t variabel konten kreator menunjukkan thitung = -0,619 < ttabel 1.660, Variabel harga menunjukkan thitung = -
0,378 < ttabel = 1.660, variabel citra merek menunjukkan thitung = 0,802 < ttabel = 1.660 , dan variabel gratis ongkir menunjukkan thitung =17,640 > ttabel = 1.660. Hasil Uji F menunjukkan Fhitung (176,135) lebih besar dari pada Ftabel (2.69).
Downloads
References
Azlin, N., Syahrudin, H., & Kuswanti, H. (2022). Pengaruh Tagline “Gratis Ongkir” Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Tanjungpura. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(3), 1–8. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i3.53285
Bimrew Sendekie Belay, (2022). “Identifikasi Bahaya Dengan Metode Job Safety Analysis (JSA) Dan Penerapan Budaya 5r Di Home Industri Krupuk Bunga Matahari Tahun 2021,” vol. 7, no. 8.5.2017, pp. 2003–2005, 2022.
Budi, M. A., & Saputri, M. E. (2021). Pengaruh Green Marketing Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Amdk Ades (Studi Pada Konsumen Produk Air Minum Dalam Kemasan Ades di Kota Bandung). E-Proceeding of Management, 8(5), 6029–6038.
Forbes, K. (2016). “Examining the Beauty Industry’s Use of Social Konten Kreators”,
Elon Journal of Undergraduate Research in Communications, 7(2): 78- 87. Diperoleh dari https://www.elon.edu/u/academics/com munications/journal/wpcontent/uploads/sites/153/2017/06/08_Kristen_Forbes. pdf
Fransiska Vania Sudjatmika. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia.Com. Ekonomi Bisnis, 17(1), 1–12. https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/PE/article/view/86/49
Heriyanto, A. Y. B., Ranti, M., & Rojikun, A. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Kualitas Pelayanan Customer Service Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pengguna Aplikasi BRImo. Jurnal Ekonomika, 14(2), 258–277.
Juli, E. K. (2022). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Brand Love Dan E-Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Pada Pengguna Aplikasi Tiktok Pada Era Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis,
(1), 1–13. https://doi.org/10.32815/jubis.v3i1.1083
Kapriani, K., & Ibrahim, I. (2022). Analisis Pengaruh Diskon dan Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Layanan Jasa Grab Food pada Masa Pandemi. Journal of Management & Business, 5(2), 395–403.
Maulana, H. A., & Asra, Y. (2019). Analisa Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce oleh Generasi Z di Daerah Pedesaan. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 7(2), 162. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v7i2.1220
Nasrul, N. U. R. F., Studi, P., Bisnis, M., Ekonomi, F., & Bisnis, D. A. N. (2021). Pengaruh Konten kreator dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian brand irliana.
Putranto, R. R., Utami, S., & Bambang, R. N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Jasa Servis Ahass Rizky Motor Prambon Nganjuk). JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 2(2), 182–
http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jimek/article/view/549
Rahman, A., Zulkifli, N. ., & Bakar, M. N. A. . (2022). The Role of Organizational Conflict on The Relationship of Organizational Justice and The Performance of Lecturers In Private Universities In Riau Indonesia: -. Adpebi Science Series, Proceedings of Adpebi International Conference on Management, Education, Social Science, Economics and Technology (AICMEST), 1(1). Retrieved from https://series.adpebi.com/index.php/AICMEST/article/view/6
Rahmawaty, P. (2014). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen Sari Roti. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 82–
https://doi.org/10.21831/jim.v11i2.11788
Safri, D. N., & Sudarwanto, T. (2022). Pengaruh Compatibilty Lifestyle Milenial Dan Peran Endorser Konten Kreator Terhadap Minat Beli Pada Pengguna “Tiktok” Shop. Jurnal Riset Entrepreneurship, 5(2), 10. https://doi.org/10.30587/jre.v5i2.4281
Tulangow, S. G., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian PT. Shopee International Indonesia Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(3), 35. https://doi.org/10.35797/jab.9.3.2019.25129.35-43
Tusanputri, A. V., & Amron. (2021). Pengaruh iklan dan program gratis ongkir terhadap keputusan pembelian pada platform e-commerce Tiktok shop. Journal FEB UNMUL, Vol 23(No 4), hlm. 632-639. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMIPengaruh
Zakiah, Z., & Trianita, M. (2022). Promo Gratis Ongkos Kirim Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Di Aplikasi Shopeefood Pada Mahasiswa Feb …. Abstract of Undergraduate Research …. https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/21327
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 YULFITA AINI; SERLY PRANITA; ARRAFIQUR RAHMAN, SEPRINI SEPRINI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.