STRATEGI PEMASARAN USAHA PETERNAKAN KAMBING DI PT. SEI DERAS AGROFARM DESA RAMBAH TENGAH BARAT KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU

STRATEGI PEMASARAN USAHA PETERNAKAN KAMBING DI PT. SEI DERAS AGROFARM DESA RAMBAH TENGAH BARAT KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU

Authors

  • Tiwi Wahyu Ningsih Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Pasir Pengaraian
  • Laily Fitriana Dosen Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Pasir Pengaraian
  • Ikhsan Gunawan Dosen Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/sungkai.v12i1.2344

Keywords:

Strategi Pemasaran Usaha Peternakan Kambing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui internal faktor  lingkungan  dan  faktor lingkungan   eksternal  pada  pemasaran kambing di Kabupaten Rokan Hulu dan mengetahui strategi yang paling tepat digunakan untuk meningkatkan volume penjualan pada usaha peternakan kambing PT. Sei Deras Agrofarm Desa Rambah Tengah Barat Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu dalam meningkatkan volume penjualan. Penentuan lokasi Penelitian dilakukan di Usaha Peternakan Kambing PT. Sei Deras Agrofarm Desa Rambah Tengah Barat Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Dengan metode studi kasus, penelitian ini dilakukan pada bulan Februari  hingga bulan April tahun 2023. Pengambilan sempel yang dikumpulkan bersama studi ini terdiri dari data primer dan data skunder. Metode analisis data mengunakan metode SWOT yaitu analisis kualitatif yang dilaksanakan dengan mengkaji faktor internal dan eksternal. Posisi  PT. Sei Deras Agrofarm berdasarkan matriks IE berada pada sel I pertumbuhan yang berarti posisi usaha PT. Sei Deras Agrofarm berada pada posisi yang kuat. Alternatif strategi  yang  dapat  diterapkan  dalam memasarkan  pruduknya adalah :a. Memanfaatkan teknologi peternakan dalam proses reproduksi agar ketersediaan produk berkesinambungan tetap terjaga guna mendukung perluasan pangsa pasar dan menjaga kualitas produk serta pelayanan b. Mengusahakan pengembangan dan pelatihan bagi tenaga kerja berkompeten agar dapat menggunkan teknologi peternakan terkini dan membuka jalur pemasaran baru. Menjalin Kerjasama dengan pengusaha luar daerah agar dapat melengkapi kekurangan ragam produk yang ada saat ini dan memperluas lokasi usaha sebagai antisipasi perubahan peraturan pemerintah tentang lingkungan (5,24).

Kata Kunci: Strategi Pemasaran Usaha Peternakan Kambing

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, D. R., & Ziaulhaq, W. (2022). Pelaksanaan Budidaya Cabai Rawit sebagai Kebutuhan Pangan Masyarakat Implementation of Cayenne Pepper Cultivation as Community Food Needs. IJAEA: Indonesian Journal of Agriculture and Environmental Analytics, 1(1), 27–36.

Angga deviyanto, joni murti mulyo aji. (2023). No Title. 25(1), 529–537.

Elisya, mutiara novrista, Fatah, L., & Husaini, M. (2021). Frontier Agribisnis Financial Analysis Of Cayenne Pepper Farming in Liang Anggang District. 5(1), 276–284.

Fatmawati, irwan nooyo dan. (2021). Kata kunci : cabai rawit, pemasaran, margin pemasaran. 9(3), 169–180.

Haeruddin, I. dan S. (2021). Analisis Pendapatan dan Kelayakan Usahatani Cabai Rawit ( Capsicum annum L) di Desa Sunju Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi. 39– 48.

Hastuti, H., & Sari, A. N. A. (2020). Analisis Pemasaran Komoditas Cabai Rawit Merah di Desa Brajan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 25(4), 524–532. https://doi.org/10.18343/10.18343/jipi.25.4.524

Kelayakan, A., Jambu, U., Di, G., Gondangmanis, D., & Bandarkedungmulyo, K. (2021).

Vol. 1 No. 02 (2021) |. 1(02), 80–92.

Lubis, P. H. (2022). Analisis Usahatani Dan Pemasaran Cabai Rawit Di Desa Pantai Raja Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau Pekanbaru, 1–124.

Ngana, E. N., & Nendissa, D. R. (2020). Analisis Pasca Panen dan Kelayakan Usahatani Cabai Rawit pada Kelompok Tani dan Non Kelompok di Kelurahan Tarus Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang. Jurnal EXCELLENTIA, IX(2), 126–130.

Nurjannah, irna irvinia. (2021). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi fluktuasi harga cabai rawit di pasar karisa kabupaten jeneponto.

Syawal, H. (2022). Analisis kelayakan finansial usahatani cabai di desa curio kecamatan curio kabupaten enrekang.

Yanto, B., Jufri, J., Lubis, A., Hayadi, B. H., & Armita, NST, E. (2021). Klarifikasi Kematangan buah nanas dengan ruang warna hue saturation intensity (HSI). INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, 6(1), 135. https://doi.org/10.35314/isi.v6i1.1882

Additional Files

Published

2024-02-22

How to Cite

Wahyu Ningsih, T., Laily Fitriana, & Gunawan, I. (2024). STRATEGI PEMASARAN USAHA PETERNAKAN KAMBING DI PT. SEI DERAS AGROFARM DESA RAMBAH TENGAH BARAT KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU : STRATEGI PEMASARAN USAHA PETERNAKAN KAMBING DI PT. SEI DERAS AGROFARM DESA RAMBAH TENGAH BARAT KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU . SUNGKAI, 12(1), 13–25. https://doi.org/10.30606/sungkai.v12i1.2344

Most read articles by the same author(s)