ANALISIS USAHA IKAN ASIN PATIN (Pangasius spp) DI DESA SUKA DAMAI KECAMATAN UJUNG BATU KABUPATEN ROKAN HULU (Studi Kasus Pada Usaha Ikan Asin Patin Bapak Mirwan)

Authors

Keywords:

Analisis, Ikan Asin Patin, Suka Damai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses produksi usaha ikan asin patin pada usaha bapak Mirwan di Desa Suka Damai, menghitung besarnya penerimaan, biaya dan keuntungan dan menganalisis besarnya tingkat efsiensi usaha ikan asin patin. Rumah produksi ikan asin patin ini adalah satu-satunya usaha ikan asin patin yang ada di Desa Suka Damai. Metode yang digunakan metode pengumpulan data primer yaitu dengan cara observasi dan wawancara langsung dengan pemilik usaha ikan asin patin sebagai objek pada penelitian ini . Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis usaha yang meliputi analisis biaya, penerimaan dan keuntungan, dan analisis efisiensi. Hasil penelitian sebagai berikut, biaya total rata-rata yang dikeluarkan dalam usaha ikan asin patin di Desa Suka Damai sebesar Rp. 3.941.000,- per bulan, penerimaan rata-rata yang diperoleh Rp. 4.560.000.- per bulan sehingga keuntungan rata-rata yang diperoleh oleh produsen sebesar Rp. 619.000,- per bulannya. Usaha ikan asin patin memiliki efisiensi lebih dari 1 yaitu sebesar 1,2, Hal ini berarti bahwa setiap Rp 1,00 yang dikeluarkan produsen pada awal kegiatan usaha akan mendapatkan penerimaan Rp 1,2 kali dari biaya yang dikeluarkan pada akhir kegiatan usaha tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2022-02-28

How to Cite

Sepriyanti, D., & Gunawan, I. (2022). ANALISIS USAHA IKAN ASIN PATIN (Pangasius spp) DI DESA SUKA DAMAI KECAMATAN UJUNG BATU KABUPATEN ROKAN HULU (Studi Kasus Pada Usaha Ikan Asin Patin Bapak Mirwan). SUNGKAI, 10(1), 48–57. Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/sungkai/article/view/930