Rancang Bangun Aplikasi Diseminasi Data Di Rokan Hulu Berbasis Android (Studi Kasus Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Rokan Hulu)

Authors

  • Nindi Novianti Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.61876/rjti.v1i3.2872

Keywords:

Aplikasi, Diseminasi, Android.

Abstract

Badan Pusat Statistik telah mempunyai Website yang disebut web API  BPS, dan telah mempunyai aplikasi berbasis android yang disebut AllStats. Selain itu, dalam mendiseminasikan data BPS telah menggunakan berbagai teknologi berbasis web, dekstop, android yang ada berisi data untuk seluruh wilayah Indonesia, baik level nasional, provinsi maupun kabupaten atau kota. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan diperoleh bahwa Badan Pusat Statistik Kabupaten Rokan Hulu belum mempunyai aplikasi khusus untuk menyediakan dan menampilkan data-data yang ada di Kabupaten Rokan Hulu. Untuk mengakses data wilayah tertentu, pengguna data harus melakukan filter wilayah sesuai dengan wilayah yang diinginkan, sehingga proses itu memperlambat pengguna dalam mencari data. Maka dari itu telah berhasil dibuat sebuah aplikasi diseminasi data di Kabupaten Rokan Hulu berbasis Android, yang di bangun menggunakan bahasa pemrograman PHP. Berdasarkan pengujian yang dilakukan dengan metode User Acceptance Test (UAT), aplikasi dapat diterima dengan baik oleh responden. Berdasarkan pengujian mendapatkan hasil Ya sebesar 97,5 %, Tidak sebesar 0 % dan Ragu-Ragu sebesar 2,5 % maka dapat disimpulkan aplikasi diseminasi data di Kabupaten Rokan Hulu berbasis android dapat membantu mempercepat pengguna data dalam mencari data, karena data yang ditampilkan khusus data yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-11-01

How to Cite

[1]
N. Novianti, “Rancang Bangun Aplikasi Diseminasi Data Di Rokan Hulu Berbasis Android (Studi Kasus Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Rokan Hulu)”, RJTI, vol. 1, no. 3, pp. 74–78, Nov. 2022.