HUBUNGAN KECEPATAN LARI DAN PANJANG TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH SISWA SMPN 3 RAMBAH HILIR, KABUPATEN ROKAN HULU

Authors

  • Adi Riyantoni Universitas Pasir Pengaraian
  • Muarif Arhas Putra
  • Lolia Manurizal

Keywords:

Kecepatan Lari, Panjang Tungkai, Kemampuan Lompat Jauh

Abstract

Masalah penelitian ini berawal dari observasi di lapangan, ternyata Kemampuan Lompat Jauh sebagian besar Siswa masih rendah. Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan Tolak Peluru pada siswa, diantaranya Kurangnya Kecepatan Lari dan Panjang Tungkai .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kecepatan Lari Dan Panjang Tungkai dengan Kemampuan Lompat Jauh Siswa Smpn 3 Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu Jenis penelitian adalah Korelasional. Populasi penelitian adalah 86 siswa kelas VIII, sampel penelitian adalah 20 Siswa dengan pemilihan sampel mengunakan Purposive Sampling. Cara pengambilan data mengunakan Tes dan Pengukuran Olahraga untuk Kecepatan Lari mengunakan Tes Lari Sprint 50 meterPanjang Tungkai mengunakan Meteran (Antropometri) dan untuk Kemampuan Lompat Jauh mengunakan Tes Keterampilan Atletik dengan melakukan praktek pelaksanaanLompat Jauh langsung. Teknik analisis data mengunakan statistik dengan rumus Korelasi ProductMoment. Adapun hasil pengujian hipotesis ada hubungan antara (X1Y) karena nilai rhitung (0,533) >rtabel (0,444), ada antara hubungan antara (X2Y) karena nilai rhitung (0,596) >rtabel (0,444), dan ada hubungan bersamaan antara Kekuatan Otot Lengan dan Kelentukan Pinggang dengan kemampuan Tolak Peluru Gaya Menyamping karena nilai rhitung (0,654) >rtabel (0,444),maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Kecepatan Lari dan Panjang Tungkai dengan Kemampuan Lompat Jauh Siswa Smp N 3 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu. Menyamping pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Rambah Hilir, sehingga hipotesis (Ho) ‘ditolak’ dan hipotesis (Ha) ‘diterima’.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, I. (2015). Hubungan Motivasi, Kecepatan Lari Dan Panjang Tungkai Dengan Hasil Lompat Jauh. Jurnal Sport Pedagogy: Program Pascasarjana Unsyiah, 5(1).

Ad’dien, H. (2010). Hubungan Antara Panjang Tungkai Dan Frekuensi Langkah Kaki Dengan Kecepatan Lari 50 Meter Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fik Unm. Competitor, 1, 21-28.

Adil, A. (2012). Hubungan Panjang Tungkai, Daya Ledak Tungkai dan Keseimbangan Dengan Kemampuan Lompat Jauh Murid SD Inpres No. 132 Buttale’leng Kabupaten Jeneponto.

Mardiana, M. (2017).Analisis Daya Ledak Tungkai, Kecepatan Lari Dan Panjang Tungkai Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Siswa Sma Negeri 2 Watampone Kabupaten Bone. Jikap Pgsd: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(2), 128-140.

Salahuddin, M. (2018).Kontribusi Daya Ledak Tungkai dan Keseimbangan Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Siswa SMP Negeri 1 Luwuk. Jurnal Pendidikan Glasser, 2(2), 30-40.

Sinambela, L. P. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.

Tanos, C. M., Moningka, M., & Rumampuk, J. F. (2016).Hubungan Panjang Tungkai Dengan Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Kelas X Sma Negeri 9 Binsus Manado. Jkk (Jurnal Kedokteran Klinik), 1(1), 49-54.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 3 tahun 2005 tentang Sistim Keolahragaan Nasional Pasal 1 Ayat 4.

Downloads

Published

2022-01-01

How to Cite

Adi Riyantoni, Putra, M. A., & Manurizal, L. (2022). HUBUNGAN KECEPATAN LARI DAN PANJANG TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH SISWA SMPN 3 RAMBAH HILIR, KABUPATEN ROKAN HULU. Journal Of Sport Education and Training, 2(2), 93–101. Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/joset/article/view/887

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3