KONTRIBUSI KELENTUKAN PINGGANG DAN KOORDINASI MATA-KAKI DENGAN KEMAMPUAN SEPAK SILA DALAM PERMAINAN SEPAK TAKRAW SISWA EKSTRAKURIKULER SMP NEGERI 3 RAMBAH SAMO KABUPATEN ROKAN HULU

Authors

  • Agus Wahyudi Universitas Pasir Pengaraian
  • Muarif Arhas Putra Universitas Pasir Pengaraian
  • Made Armade Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Kelentukan Pinggang, Koordinasi Mata-Kaki, Sepak Sila

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti ketika siswa melaksanakan ekstrakurikuler di sekolah yang melihat kurangnya Kemampuan Sepak Sila dalam Permainan Sepak Takraw.  Masalah inilah diduga disebabkan karena rendahnya Kelentukan Pinggang dan Koordinasi Mata-Kaki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi Kelentukan Pinggang (X1) dan Koordinasi Mata-Kaki (X2) dengan Kemampuan Sepak Sila (Y). Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 20 siswa. Menggunakan teknik Total Sampling. Pengambilan data Kelentukan Pinggang dengan bentuk tes sit and rich dan Koordinasi Mata-Kaki dengan bentuk tes Soccer Wall Volley Test, sedangkan Kemampuan Sepak Sila diambil dengan menggunakan tes Sepak Sila. Analisis data dan pengujian hipotesis penelitian menggunakan teknik analisis korelasi product moment dan korelasi ganda dengan taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil analisis data dengan menggunakan product moment menunjukkan bahwa; 1) terdapat kontribusi Kelentukan Pinggang dengan Kemampuan Sepak Sila sebesar 27% dengan nilai rhitung (0.516), maka rx1y > rtabel yaitu (0.516 > 0,444), sehingga Ho ditolak Ha diterima. 2) terdapat kontribusi antara Koordinasi Mata-Kaki dengan Kemampuan Sepak Sila sebesar 36% dengan nilai rhitung (0.599), maka rx2y > rtabel yaitu (0.599 > 0,444), sehingga Ho ditolak Ha diterima. 3) terdapat kontribusi antara Kelentukan Pinggang dan Koordinasi Mata-Kaki dengan Kemampuan Sepak Sila dalam Permainan Sepak Takraw Siswa Ekstrakurikuler SMP Negeri 3 Rambah Samo sebesar 43% dengan nilai rhitung (0.659), maka rx12y > rtabel yaitu (0.659 > 0,444), sehingga Ho ditolak Ha diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fenanlampir, A., & Faruq, M. M. (2015). Tes dan Pengukuran dalam Olahraga. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Hanif, A. S. (2017). Kepelatihan Dasar Sepak Takraw. Jakarta: Raja grafindo Persada.

Indonesia, R. (2013). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Jakarta: Secretariat Negara.

Jufrianis, J. (2017). Hubungan Koordinasi Mata-Kaki dengan Kemampuan Sepak Sila pada Atlet Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia (Psti) Kabupaten Kampar. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 14(2).

Nur, M. (2018). Kontribusi Koordinasi Mata-Kaki dan Keseimbangan dengan Kemampuan Sepak Sila dalam Permainan Sepak takraw pada Murid SD Negeri 28 Tumampua II Kab. Pangkep. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 1(2), 107-114.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Widiastuti. (2011). Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: PT. Bumi Timur Jaya.

Yane, S. (2014). Hubungan Antara Waktu Reaksi dan Kekuatan Otot Lengan dengan Kemampuan Servis Bawah Bola Voli pada Mahasiswa Putra Semester Ii Stkip-Pgri Pontianak. Jurnal Pendidikan Olah Raga, Vol. 3 (1), Juni 2014.

Downloads

Published

2022-07-29

How to Cite

Agus Wahyudi, Putra, M. A., & Armade, M. (2022). KONTRIBUSI KELENTUKAN PINGGANG DAN KOORDINASI MATA-KAKI DENGAN KEMAMPUAN SEPAK SILA DALAM PERMAINAN SEPAK TAKRAW SISWA EKSTRAKURIKULER SMP NEGERI 3 RAMBAH SAMO KABUPATEN ROKAN HULU. Journal Of Sport Education and Training, 3(1), 77–84. Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/joset/article/view/1144

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>