PERAN ORANG TUA DALAM PEMILIHAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH
Alat Permainan Edukastif dan Perkembangan Anak
DOI:
https://doi.org/10.30606/jmn.v12i1A.2767Abstract
Orang tua memegang peranan penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Akibat yang mungkin timbul dari tidak terpenuhinya sumber daya bermain edukatif adalah tidak optimalnya proses tumbuh kembang anak, tidak terwujudnya bakat dan potensi anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan peran orang tua dalam pemilihan alat permainan edukatif dengan tumbuh kembang anak prasekolah di Desa Pusong Baru Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe. Desain penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi sasaran penelitian ini hanya terdiri dari ibu-ibu yang memiliki anak prasekolah usia 3 sampai 5 tahun yang tinggal di Kelurahan Pusong Baru Kecamatan Banda Sakti Kota Loksumawe yang berjumlah 63 responden. Besar sampel sebanyak 63 responden ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis dilakukan dengan menggunakan uji chi-square. Berdasarkan hasil survei, peran orang tua dalam pemilihan alat permainan edukatif termasuk dalam kategori “baik” sebesar 63,5%. Perkembangan anak prasekolah masuk dalam kategori relevan sebesar 47,6%. nilai p = 0,003
Downloads
References
Alimul, A Aziz. 2018. Pengantar Ilmu Kesehatan Anak Untuk Pendidikan Kebidanan. Penerbit Salemba.
Ariesta, Riany. 2012. Pedoman Untuk Pendidikan Paud: Alat Permainan Edukatif Lingkungan Sekitar Untuk Anak Usia 0-1 Tahun. PT. Sandiarta Sukses.
Baharun, Hasan, Zamroni Zamroni, Amir Amir, and Latifatus Saleha. 2021. “Pengelolaan APE Berbahan Limbah Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak.”
Daradjat, Zakiah. 2018. Pendidikan Islam Dalam Keluarga Dan Sekolah. Ruhama.
Daralina, Monaris, and Sufriani Sufriani. 2018. “FAKTOR-FAKTOR PEMILIHAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan 3 (3).
Dinkes Aceh. 2021. “Laporan Alat Permainan Edukatif.” Https://Dinkes.Acehprov.Go.Id/. 2021.
Guslinda, S Pd, and Rita Kurnia. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakad Media Publishing.
Harlisa, M, A Amalia, and K Dadang. 2020. “Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Alat Permainan Edukatif (APE) Dengan Pemberian APE Pada Anak Usia 4-6 Tahun Di TK Srirande 02 Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan.” Jurnal Surya 1 (5).
Hidayat, Bahril, Ary Antony Putra, and Musaddad Harahap. 2018. “Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Psikologi Islami.” Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1 (1): 29–38.
Kemenkes RI. 2021. “Kesehatan Anak.” Https://Www.Kemkes.Go.Id/. 2021.
Nurkholifah, Desi, and Novan Ardy Wiyani. 2020. “Pengembangan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Membaca Nyaring.” PRESCHOOL: Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini 1 (2): 60–76.
Riskesdas. 2018. “Kesehatan Perkembangan Balita Di Indonesia.” Https://Kesmas.Kemkes.Go.Id/Assets/Upload/Dir_519d41d8cd98f00/Files/Hasil-Riskesdas-2018_1274.Pdf. 2018.
Sastroasmoro, Sudigdo. 2018. “Masalah Etis Dalam Proses Pengambilan Keputusan Pada Praktik Pediatri.” Sari Pediatri 7 (3): 125–31.
Sukatin, Sukatin, Nurul Chofifah, Turiyana Turiyana, Mutia Rahma Paradise, Mawada Azkia, and Saidah Nurul Ummah. 2020. “Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 5 (2): 77–90.
WHO. 2021. “Progress Toward Achieving The Fight Millennium Development Goals.” Https://Www.Who.Int/.
Downloads
Published
Versions
- 2024-08-30 (2)
- 2024-07-18 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mila Syari Fahila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.