PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK KELAS VII SMP PADA MATERI BENTUK ALJAABR

Authors

  • Titi Hendarti Universitas Pasir Pengaraian
  • Annajmi Annajmi
  • Marfi Ario

DOI:

https://doi.org/10.30606/jer.v11i1.1488

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) yang valid pada materi bentuk aljabar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu, pendefinisian (Define), perancangan (Design) dan pengembangan (Develop) dan penyebaran (Disseminate). Namun pada penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap pengembangan (Develop). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi. Isi pada Lembar angket validasi terdiri dari aspek didaktik, aspek isi, aspek bahasa dan aspek tampilan. Penelitian ini menghasilkan produk LKS berbasis Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan uji validitas LKS berbasis Problem Based Learning (PBL) yang telah dilakukan kepada tiga orang validator dengan beberapa revisi dan perbaikan maka didapat skor rata-rata hasil validasi LKS berbasis Problem Based Learning (PBL) adalah 3,11 dengan kategori valid. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis Problem Based Learning (PBL) sudah valid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annajmi, A., Riska Novia Sari, Arcat, Nurrahmawati, Ratri Isharyadi, Marfi Ario, Lusi Eka Afri, & Hera Deswita. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) bagi Guru SMPN 3 Rambah Hilir Jurnal Mitra Pengabdian Farmasi, 1(3), 70–75.

Annajmi, A., & Niati, B. (2020). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Educational Statistics Berbantuan Aplikasi SPSS bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(4), 725-731

BSNP. (2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Isrok’atun, A. R. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Akademia.

Ngalimun. (2015). Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.

Nugroho, N. B. (2014). Pengembangan RPP dan LKS Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Himpunan Untuk Kelas VII. Implementation Science, 39(1), 1–15.

Pariska Ike Suci , Sri Elniati, dan S. (2012). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). 11-15.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. DIVA Press.

Prastowo, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2012). Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2022-09-03

How to Cite

Hendarti, T., Annajmi, A., & Ario, M. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK KELAS VII SMP PADA MATERI BENTUK ALJAABR . Jurnal Edu Research, 11(1). https://doi.org/10.30606/jer.v11i1.1488