PENGARUH PENERAPAN MARKETING SYARIAH DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH (STUDI KASUS PADA BANK MANDIRI SYARIAH UJUNG BATU

Authors

  • Elvita Sari Universitas Pasir Pengaraian
  • Yulfita Aini Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/cano.v7i1.712

Keywords:

marketing syariah, kepuasan nasabah, loyalitas nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh penerapan marketing syariah dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah Bank Mandiri Syariah Ujung Batu baik secara parsial maupun simultan. Populasi penelitian ini adalah jumlah nasabah Bank Mandiri Syariah Ujung Batu sebanyak 18.445. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan responden sejumlah 100 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini marketing syariah (X1), kepuasan nasabah (X2) dan variabel terikat loyalitas nasabah (Y). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan wawancara. Uji keandalan instrument meliputi uji validitas dan uji realibilitas, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedastisitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y =4.936 + 0.646 + 0.994. Secara parsial, diperoleh t-hitung marketing syariah 8.797 dan kepuasan nasabah 12.881. Secara simultan, diperoleh F-hitung 95.360 menunjukkan marketing syariah dan kepuasan nasabah secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Mandiri Syariah Ujung Batu baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 66,3% loyalitas nasabah dipengaruhi oleh marketing syariah dan kepuasan nasabah, sedangkan sisanya 33,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil pengujian secara parsial maupaun secara simultan marketing syariah dan kepuasan nasabah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Mandiri Syariah Ujung Batu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Edisi revisi V. cetakan keduabelas. Penerbit: Rineka Cipta, Jakarta.
Bernard (2010). Marketing. Yogyakarta: Media Pressindo.
Cannon, Perreault, Mc.Carthy (2009). Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global. Buku 2 Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat.
Ferdinal Agusty. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Jakarta :Erlangga.
Fyzee, Asaf (2011). Pintar Transaksi Syariah. Jakarta: Hikmah.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariat Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Grifin, R.W (2010). Marketing. Yogyakarta. Media Pressindo.
Hasan, Ali (2010). Marketing. Yogyakarta. Media Pressindo.
Hidayat, Syarifudin (2011). Metodologi Penelitian. Bandung : Mandar Maju.
Hermani,Darmawi 2011). Manajemen Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara.
Husein, Umar. (2011). Riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen. Jakarta :Erlangga.
Kartajaya, Hermawan (2014). Strategi Marketing Plus. Jakarta: Gramedia.
Kasmir (2011). Bank dan lembaga keuangan lainnya. Jakarta:Grafindo.
Kotler Philip, dan Gary Armstrong (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga : Jakarta.
Stanton, William J (2013). Prinsip Pemasaran. Cetakan Ketujuh. Jakarta: Penerbit. Erlangga.
Sudaryono (2016). Manajemen Pemasaran: Teori & Implementasi. Yogyakarta: Andi.
Sudjana, nana. (2009). Metode Penelitian. Bandung :Cv. Alfabeta.
Sugiyono (2010). Statistik Untuk Penelitian. Bandung :Cv. Alfabeta.
Sunar (2011). Manajemen Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara.
Supranto (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Cetakan Keempat. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Tjiptono, Fandy (2011). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: ANDI.
Qhardawi, Yusuf (2013). Norma dan Etika Ekonomi Islam. Jakarta: Gema Insani Pers.
Syakirsula (2011). Marketing Syariah. Jakarta: Gramedia.
Lupiyoadi Rambat (2011): Manajemen (2014) . Marketing Bank Syariah. Pemasaran Jasa. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.
Mowen Minor (2012). Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Mulyani (2018). Pengaruh Penerapan Marketing Syariah, Kepuasan Nasabah Dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada BPRS Bumi Rinjani Kepanjen Malang. Jurnal Manajemen, Volume 2; 21-32.
Nasuka (2017). Peningkatan Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Dengan Layanan Inti (Suatu Pendekatan Konsep Islamic Marketing). Jurnal Bisnis Pemasaran, Volume 3; 22-34.
Putra (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank BRI Syariah Surabaya. Jurnal pemasaran, Volume 4; 1-13.
Ratih, Hurriyati (2011). Bauran Pemasaran & Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2019-11-19

How to Cite

Elvita Sari, & Yulfita Aini. (2019). PENGARUH PENERAPAN MARKETING SYARIAH DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH (STUDI KASUS PADA BANK MANDIRI SYARIAH UJUNG BATU. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 7(1), 6–19. https://doi.org/10.30606/cano.v7i1.712

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.