Penerapan Rasch Model Dalam Mengukur Sikap Konsumen Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Di Perguruan Tinggi Swasta

Authors

  • purwantoro purwantoro
  • Andi Afrizal

DOI:

https://doi.org/10.30606/cano.v7i2.31

Keywords:

Rash model, PTS

Abstract

Penelitian dini dilatar belakangi oleh Tuntutan dan perkembangan dunia pendidikan yang begitu kompetitif menuntut perguruan tinggi harus mampu menyelenggarakan pendidikan secara profesional sehingga sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Faktor sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kompetisi tinggi merupakan hal yang mutlak diperlukan dalam era kompetisi persaingan pasar global dan pembangunan nasional seutuhnya. Kondisi tersebut semakin mendorong dunia pendidikan termasuk perguruan tinggi untuk segera menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi tinggi, mampu berinovasi dan kreatif. Pesatnya pertambahan perguruan tinggi semakin membuat kondisi persaingan dalam merebut setiap pangsa pasar semakin ketat. Namun beberapa hasil penelitian masih ditemukan beberapa kekurangan diantaranya adalah masih menggunakan instrumen sama namun hasil berbeda, belum adanya alat ukur ( instrumen ) yang valid untuk mengukur keputusan mahasiswa memilih kuliah di perguruan tinggi swasta yang dipengaruhi oleh sikap konsumen dan word of mouth.

Penelitian dilakukan di Kabupaten Rokan Hulu dengan menggunakan beberapa responden di perguruan swasta yang terdapat di kabupaten Rokan hulu diantaranya Universitas Pasir Pengaraian, STKIP Rokania, ISQ, STAI Tuanku Tambusai dan Universitas Terbuka. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan instrumen valid dalam mengukur keputusan mahasiswa memilih kuliah di Perguruan tinggi swasta sehingga diharapkan intrumen tersebut akan menjadi patokan valid yang dapat dipergunakan sebagai alat ukur keputusan konsumen. Populasi pada penelitian adalah seluruh mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa aktif di perguruan tinggi swasta yang ada di kabupaten Rokan Hulu. Sampel penelitian di ambil menggunakan teknik pengambilan sampel random sampling dan digunakan kriteria sampel. Data penelitian diolah menggunakan Rash Model dengan bantuan program Ministep (Winsteps) Rasch

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arbainah, S. (2010). Pada Bisnis Ritel Pasar Modern ( Kasus Empiris Pada Minimarket Alfamart dan Indomaret di Kota Semarang ) TESIS. Tesis Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro Semarang.
Ardiyanti, D., Psikologi, F., & Ahmad, U. (2016). Aplikasi Model Rasch pada Pengembangan Skala Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Karier Siswa, 43, 248–263. Https://doi.org/10.22146/jpsi.17801
Bambang sumintono dan wahyu widhiarso. (2014). Aplikasi rasch model untuk penelitian ilmu-ilmu sosial. Trim komunikata publishing house. Cimahi.
Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action : A social cognitive theory. New Jersey : Prentice-Hall.
Bandura, A. (1997). Self efficacy : the exercise of control. New York : Freeman. Betz
De Battisti, F., Nicolini, G., & Salini, S. (2005). The Rasch model to measure service quality. The ICFAI Journal of Services Marketing, 3(3), 58–80.
Flores, L. Y., Ojeda, L., Huang, Y.-P., Gee, D., & Lee, S. (2006). The relation of acculturation, problem-solving appraisal, and career decision-making self-efficacy to Mexican American high school students’ educational goals. Journal of Counseling Psychology, 53(2), 260–266. https://doi.org/10.1037/0022-0167.53.2.260
Germeijs, V., & Verschueren, K. (2006). High School Students’ Career Decision-Making Process: Development and Validation of the Study Choice Task Inventory. Journal of Career Assessment, 14(4), 449–471. https://doi.org/10.1177/1069072706286510
Hawkins, Del I dkk (2007). Consumer Behavior. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Keller, K. L. 2009. Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity. London: Prentice-Hall International.
Nam, S. K., Yang, E., Lee, S. M., Lee, S. H., & Seol, H. (2010). A psychometric evaluation of the career decision self- efficacy scale with korean students: a rasch model approach. Journal of Career Development,38(2), 147-166.http://dx.doi.org/10.1177/089484531037 1374 Pappas.
Rosiana Desak Gede, 2011. Pengaruh E-Servqual Terhadap Nilai Pelanggan, Kepuasan dan Word of Mouth Communication Anggota Situs Jejaring Sosial Facebook, Tesis, Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, Denpasar

Sawaji, J., Hamzah, D., & Taba, D. I. (2010). pengambilan keputusan mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi swasta di sulawesi selatan An Analysis of Student’s Decision Making to Choose Private Universities in South Sulawes.
Sriwardiningsih, E. (2011). word of mouth sebagai efek respon positif dari kepuasan konsumen dan dampaknya pada pembelian kembali : studi kasus mahasiswa sebagai konsumen yoghurt activia Identifikasi Masalah Konseptual Teori. Binus Busine Ss, 2(1), 477–484.
Sumarwan, Ujang. 2002. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen; Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu
Suprapti. W. (2010). Perilaku Konsumen Pemahaman Dasar Dan Aplikasinya Dalam Strategi Pemasaran. Bali : Udayana University Press.
Yusdiana. 2008. Analisis Faktor - faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Memilih Jasa Pengiriman Pada PT. POS Indonesia (Persero) Medan. Tesis. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sumatra Utara.

Downloads

Published

2019-01-17

How to Cite

purwantoro, purwantoro, & Afrizal, A. (2019). Penerapan Rasch Model Dalam Mengukur Sikap Konsumen Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Di Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 7(2), 73–87. https://doi.org/10.30606/cano.v7i2.31